Mendikbud pamerkan mobil listrik di KTT APEC

Sabtu, 26 Januari 2013 - 18:39 WIB
Mendikbud pamerkan mobil listrik di KTT APEC
Mendikbud pamerkan mobil listrik di KTT APEC
A A A
Sindonews.com- Forum Konferensi Tingkat Tinggi Asia Pasific Economic Cooperation (KTT APEC) di Bali pada bulan Oktober 2013 akan dimanfaatkan sebagai ajang promosi mobil listrik. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhammad Nuh berencana akan menggunakan mobil listrik dan sejumlah mobil hasil karya anak bangsa untuk tamu-tamu yang ada di APEC tersebut.

"Di Apec itu kan ada tamu-tamu nanti akan kita bagi. Untuk tamu yang super VVIP kepala negara dan pemerintahan tentu tidak menggunakan mobil ini. Paling tidak bagi panitia dan tamu di luar VVIP bisa menggunakan," kata M Nuh di sela-sela acara peluncuran Mobil listrik EC ITS di Gedung Rektorat Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya, Sabtu (26/1/2013).

Dalam KTT tersebut, tidak hanya mobil milik ITS saja yang akan digunakan bagi para tamu-tamu asing. Melainkan sejumlah mobil hasil produksi dalam negeri juga akan dimanfaatkan. Saat ini memang ada beberapa lembaga pendidikan yang sedang mengembangkan mobil-mobil listrik tersebut, seperti ITB, ITS, UI atau dari PT Green.

"Pokoknya nanti seluruh mobil produksi anak bangsa yang sudah melalui uji akan kita tampilkan di APEC tersebut," katanya.

Menurutnya, momen APEC ini adalah kesempatan bagi Indonesia untuk menunjukkan produksi kebanggan luar negeri. Sementara untuk produksi mobil listrik saat ini adalah tantangan dan tantangan itu harus diseleseikan dengan baik. Biasanya, yang menjadi kendala adalah soal pendanaan namun kendala tersebut sudah terpecahkan.

"Secara nasional pemerintah menyiapkan anggaran Rp50 miliar untuk riset mobil listrik bagi lima kampus ternama di Indonesia," tukasnya.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7237 seconds (0.1#10.140)