Blusukan ke kampung, SBY bantah tiru Jokowi

Jum'at, 04 Januari 2013 - 20:20 WIB
Blusukan ke kampung, SBY bantah tiru Jokowi
Blusukan ke kampung, SBY bantah tiru Jokowi
A A A
Sindonews.com - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) membantah jika dikatakan meniru gaya Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) dengan blusukan ke kampung-kampung.

Staf Khusus Presiden Bidang Ekonomi Firmanzah mengatakan, Presiden SBY blusukan ke kampung sudah dilakukan sejak 2005 lalu, bukan kali ini saja.

"2005-2006 sering melakukan, dua tahun terakhir juga turun untuk mengecek Kredit Usaha Rakyat (KUR). Kunjungan ke daerah juga," kata Firmanzah di Desa Tanjung Pasir, Kecamatan Teluk Naga, Kabupaten Tangerang, Banten, Jumat (4/1/2013).

Firmanzah menjelaskan, blusukan SBY bertujuan untuk mengevaluasi apakah program-program yang didesain sudah dirasakan ke lapisan paling bawah atau belum.

"Presiden cek mana yang belum, mana yang sudah. Kebijakan untuk rakyat seberapa dirasakan efeknya. Kan sudah ada PNPM (Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat) dan sebagainya apakah itu berjalan atau tidak," ucapnya.

Saat dikonfirmasi apakah kedatangan SBY ke kampung nelayan di Desa Tanjung Pasir ini karena kinerja Kementerian Perikanan dan Kelautan menurun? Firmanzah membantahnya.

"Tidak serta merta juga. Nelayan menjadi salah satu hal juga penting bagi ekonomi nasional kita, apakah kesejahteraan, fasilitas, pendidikan nelayan, berjalan dengan baik atau tidak. Jadi untuk melihat langsung kondisi itu semua. Solarnya, pasar pelelangannya. Mana program yang berjalan mana yang perlu ada peningkatan," paparnya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6275 seconds (0.1#10.140)