Liburan, Bendungan Rentang padat

Selasa, 01 Januari 2013 - 16:26 WIB
Liburan, Bendungan Rentang padat
Liburan, Bendungan Rentang padat
A A A
Sindonews.com - Menikmati libur panjang tahun baru, tidak melulu harus mengeluarkan biaya besar dan tempat rekreasi yang mahal. Bendungan Rentang yang terletak di Desa Panongan, Kecamatan Jatitujuh, Kabupaten Majalengka, adalah salah satu tempat yang bisa dijadikan alternatif berlibur tanpa harus merogoh kocek dalam jumlah yang besar.

Kendati tidak didesain sebagai tempat rekreasi, namun bendungan yang berfungsi mengaliri tiga kabupaten, yakni Kabupaten Majalengka, Indramayu, dan Kabupaten Cirebon tersebut selalu ramai setiap kali musim liburan tiba.

Pengunjung yang datang ke bendungan tersebut pun, tidak terbatas dari warga Majalengka semata, melainkan dari beberapa daerah tetangga ambil bagian dalam mengisi liburan tersebut.

Oleh karena tidak didesain sebagai tempat rekreasi, maka para pengunjungpun tidak terkonsentrasi di satu titik. Dalam mengisi liburan, sebagian besar pengunjung memilih hanya duduk-duduk di senderan sungai yang menampung air dari daerah Sumedang itu.

“Suasananya asik, rindang. Jadi, meskipun tidak ada wahana hiburan khusus, kami betah berlama-lama di sini,” kata salah satu pengunjung dari Kabupaten Indramayu, Didi Firdaus, Selasa (1/1/2013).

Selain menggunakan kendaraan roda dua, beberapa pengunjung juga nampak datang secara rombongan dengan menggunakan mobil pribadi. Bahkan beberapa diantaranya mengaku menggunakan mobil bak terbuka sewaan untuk bertamasya ke obyek wisata dadakan tersebut.

“Kebetulan ada saudara dari kota liburan ke kampung. Jadi, kami nyewa mobil ke tetangga, biar agak ngirit,” kata Ruminah, salah satu pengunjung dari Kecamatan Sumberjaya, Kabupaten Majalengka.

Ramainya kunjungan ke bendungan Rentang tersebut, direspon baik oleh sejumlah warga untuk maraup keuntungan. Rahmat, salah satu warga setempat memanfaatkan moment tersebut dengan menyediakan jasa odong-odong (becak mainan). Rahmat mengaku, dirinya mendapatkan keuntungan besar yang diperoleh dari pengunjung yang memadati bendungan rentang itu.

“Alhamdulillah, dari pukul 08.00 WIB mangkal sampai pukul 11.00 penghasilan sudah lumayan. Hari biasa, dalam satu hari mendapatkan Rp. 50 ribu saja sudah kehitung bagus. Sekarang, musim liburan ini selama tiga jam sudah mendapatkan setengahnya dari hari biasanya itu,” jelas dia.

Sementara itu, untuk mengantisifasi terjadinya aksi kejahatan, sejumlah petugas dari Polsek Jatitujuh nampak melakukan penjagaan di lokasi.

“Kami mendirikan pos di lokasi. Ini untuk pengamanan dalam rangka tahun baru,” kata Kapolsek Jatitujuh, AKP Heriyadi.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5638 seconds (0.1#10.140)