Wisatawan mulai tinggalkan Yogyakarta

Selasa, 01 Januari 2013 - 15:31 WIB
Wisatawan mulai tinggalkan Yogyakarta
Wisatawan mulai tinggalkan Yogyakarta
A A A
Sindonews.com – Ribuan penumpang pesawat, sepanjang hari ini membanjiri bandar udara (bandara) Adisutjipto Yogyakarta. Mereka ingin meninggalkan kota Yogyakarta, usai merayakan liburan natal dan tahun baru di Kota Gudeg.

Diperkirakan jumlah penumpang yang datang dan berangkat mencapai 15.000 orang.

Asisten Manager Data dan Informasi PT Angkasa Pura I Bandara Adisutjipto Yogyakarta Faizal Indra Kusuma memperkirakan hari ini merupakan puncak liburan di Adisutjipto.

Banyak wisatawan yang langsung pulang ke kotanya, usai berlibur. Diperkirakan terjadi peningkatan sekitar 10-15 persen dibandingkan tahun lalu.

“Dibanding tahun lalu, sepertinya meningkat hingga 15 persen,” jelasnya di Bandara Adisucipto, Yogyakarta, Selasa (1/1/2013).

Jumlah penumpang yang datang, telah mencapai 7.000 orang. Mayoritas berasal dari Jakarta. Sedangkan untuk keberangkatan sekitar 8.000 orang baik tujuan domestik maupun mancanegara.

Bandara sendiri mencatat selama liburan natal mulai 22 Desember hingga kemarin, penumpang datang mencapai 79.360 dan yang berangkat 75.771.

“Awalnya kita hanya prediksi naik sekitar 7 persen, tetapi sudah diatas 10 persen,” tegasnya.

Meski terjadi lonjakan, namun tidak ada penambangan penerbangan.
Semuanya masih menggunakan jadwal penerbangan regular. Setiap hari ada
55 keberangkatan dan 55 kedatangan.

“Tidak ada yang mengajukan ekstra flight,” pungkasnya.

Lonjakan penumpang juga terjadi di Stasiun Tugu Yogyakarta. Diwilayah daops 6 Yogyakarta, telah memberangkatkan sekitar 14.000 penumpang setiap harinya. Mereka juga menambah satu rangkaian eksekutif untuk menampung lonjakan penumpang.

“Dibanding tahun lalu memang turun, karena sekarang ada pembatasan sesuai dengan tempat duduk,” jelasnya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5829 seconds (0.1#10.140)