Kalla minta kualitas kepala daerah ditingkatkan

Kamis, 08 November 2012 - 13:39 WIB
Kalla minta kualitas kepala daerah ditingkatkan
Kalla minta kualitas kepala daerah ditingkatkan
A A A
Sindonews.com - Mantan Presiden Republik Indonesia Jusuf Kalla meminta Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas) untuk meningkatkan kualitas kepemimpinan di daerah.

"Sebagai jalan keluar, Lemhanas harus menjalankan fungsinya, meningkatkan kualitas kepemimpinan daerah, pedoman demokrasi keterkenalan demokrasinya benar, tapi output akhirnya, dan kualitasnya harus dibenahi," ujar Kalla, di Kantor Lemhanas, Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Kamis (8/11/2012).

Hal itu dapat dilakukan dengan dua hal, yakni sistem dan kepemimpinan yang baik. Dirinya menjelaskan, sistem yang dimaksud ialah mengenai tata kelola daerah, sehingga tidak terjadi tumpang tindih.

"Ada dua hal, yaitu sistem dan leadership (kepemimpinan). Sistem kita setelah reformasi dengan sistematis, otonomi daerah tumpang tindih, harus lebih jelas," tukasnya.

Lebih lanjut, dia mengatakan, rekrutmen calon pemimpin oleh partai politik (Parpol) juga diminta untuk lebih selektif. Kalla juga menegaskan, lebih jelas Parpol yang non PNS dan non TNI, rekrutmen politik sangat terbatas harus lebih jelas.

Sebelumnya, Lemhanas mengadakan diskusi dengan mengundang beberapa tokoh nasional, tujuannya adlah untuk melakukan memperkuat pimpinan nasional di daerah.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8328 seconds (0.1#10.140)