5 Gubernur Lemhannas yang Paling Lama Menjabat, Terakhir Duta Besar RI untuk Filipina

Jum'at, 04 November 2022 - 16:35 WIB
loading...
5 Gubernur Lemhannas yang Paling Lama Menjabat, Terakhir Duta Besar RI untuk Filipina
Lemhannas atau Lembaga Ketahanan Nasional merupakan lembaga pemerintah yang berfungsi untuk melaksanakan tugas pemerintahan. Foto DOK wikipedia
A A A
JAKARTA - Lemhannas atau Lembaga Ketahanan Nasional merupakan lembaga pemerintah yang berfungsi untuk melaksanakan tugas pemerintahan di bidang pendidikan pimpinan tingkat nasional, pengkajian strategik ketahanan nasional dan pemantapan nilai-nilai kebangsaan.

Lembaga yang telah berdiri sejak 20 Mei 1965 ini berada di bawah Presiden langsung sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 37 Tahun 1964.

Baca juga : Andi Widjajanto Bakal Perkuat Transformasi Lemhannas

Dalam sejarahnya, telah ada sekitar 17 Gubernur Lemhannas yang telah menjabat. Dikutip dari lemhannas.go.id, Andi Widjajanto menjadi Gubernur yang tengah menjabat usai dilantik oleh Joko Widodo pada 21 Februari 2022.

Dari banyaknya gubernur yang menjabat hanya beberapa saja yang memperoleh masa jabatan cukup lama. Gubernur Lemhannas biasanya hanya menjabat selama 2 sampai 3 tahun.

Berikut lima Gubernur Lemhannas yang paling lama menjabat :

1. Letnan Jenderal TNI (Purn.) Sutopo Juwono

Sutopo Juwono sempat menjabat sebagai Gubernur Lemhannas pada tahun 1978 hingga 1983, yang berarti pria asal Klaten ini telah menjabat selama lima tahun.

Sebelum menjabat sebagai Gubernur Lemhannas, pria kelahiran 14 Mei 1927 ini tercatat mengemban jabatan sebagai Kepala Badan Koordinasi Intelijen.

2. Budi Susilo Soepandji
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2217 seconds (10.55#12.26)