Anggotanya tak mau kembali, tamparan buat Polri

Rabu, 03 Oktober 2012 - 05:59 WIB
Anggotanya tak mau kembali, tamparan buat Polri
Anggotanya tak mau kembali, tamparan buat Polri
A A A
Sindonews.com - Enam penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang tidak mau kembali ke Polri dianggap sebagai tamparan buat Polri. Akan banyak pertanyaan muncul terkait penolakan enam penyidik KPK kembali ke Polri.

Ketua Presidium Indonesian Police Watch (IPW) Neta S Pane mengatakan ini merupakan fenomena menarik yang terjadi antara KPK dan Polri. Tak mau kembalinya penyidik KPK ke Polri dinilai merupakan sesuatu yang aneh.

"Di KPK itu jenjang karirnya belum jelas. Kalau di Polri kan jenjang karirnya lebih jelas. Ya ada kenaikan pangkat. Kalau lebih milih di KPK kan jadi aneh," ungkap Neta saat berbincang dengan Sindonews, Rabu (3/10/2012).

Apalagi, lanjut Neta, pascaterungkapnya kasus simulator Surat Izin Mengemudi (SIM) di Korlantas Polri, hubungan antara KPK dan Polri sempat memanas. Hal ini akan menimbulkan pertanyaan publik.

"Polri sempat menggertak KPK ketika akan menarik anggotanya dari KPK, sekarang anggotanya enggak mau kembali," tandasnya.

Sebelumnya diberitakan, enam penyidik Polri yang ditarik dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), karena habis masa tugasnya mengaku, tidak mau kembali berkarir di Mabes Polri. Untuk itu, mereka siap mengundurkan diri dari keanggotaannya sebagai anggota polisi.

Lima dari penyidik yang ingin keluar dari keanggotaan Polri itu juga diketahui, merupakan penyidik yang belum melapor ke Polri. Saat ini, baru ada 15 penyidik KPK yang kembali ke Polri dan sudah melapor. Bahkan, satu orang penyidik yang telah melapor dikabarkan, ingin mundur dari Polri dan kembali ke KPK.

Ketua KPK Abraham Samad mengaku, masih belum mendengar kabar tersebut. Namun pihaknya sangat mengapresiasi sikap para anggota Polri yang bersedia melepaskan keanggotaannya sebagai anggota polisi, dan memilih untuk berkarir di KPK bersamanya memberantas korupsi.

Berdasarkan informasi yang terhimpun, keenam anggota penyidik Polri yang ingin tetap melanjutkan karirnya di KPK adalah Dodo Simangungsong, Sugianto, Hendrik, Rilo Pambudi, Bambang Sukoco, dan Rezka.
(azh)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7697 seconds (0.1#10.140)