PAN dorong konsolidasi parpol Islam

Rabu, 05 September 2012 - 11:59 WIB
PAN dorong konsolidasi parpol Islam
PAN dorong konsolidasi parpol Islam
A A A
Sindonews.com - Konsolidasi partai politik (parpol) menyambut Pemilihan umum (Pemilu) 2014 mulai digalakkan. Konsolidasi ini dirajut berdasarkan kesamaan ideologi dan visi misi. Salah satunya adalah, konsolidasi partai berbasis Islam dan partai kelas menengah.

Ketua Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) DPR Tjatur Sapto Edi mangakui, konstituennya tengah mendorong konsolidasi tersebut. Karena itu, jika pertemuan antara parpol-parpol Islam dan parpol menengah dilakukan untuk menjalin tali silaturahmi sesama parpol Islam, pihaknya akan bersedia mengikuti.

"Silaturahmi kan biasa dalam politik. Jadi kalaupun bertemu itu konteksnya silaturahmi. Jika bertemu, kita memang akan menyatukan pandangan soal RUU Pilpres, revisi UU MD3, dan RUU Pilkada. Namun untuk bicara pengusungan capres itu belum akan dilakukan, masih jauh," ujarnya kepada Sindonews di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (5/9/2012).

Namun dia mengemukakan, sebenarnya pihaknya tak sependapat jika pertemuan tersebut mendikotomikan antara parpol Islam dan parpol yang berasas nasionalis. Sejauh ini yang masih menamakan dirinya parpol Islam hanya Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Sedangkan tiga parpol lainnya di parlemen seperti PAN, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) sudah digolongkannya sebagai parpol nasionalis. Hanya saja ketiga parpol tersebut merupakan parpol yang memiliki konstituen mayoritas umat Islam tetapi bersifat nasionalis.

"Kalau kami (PAN, PKS, dan PKB) digolongkan parpol Islam, saya rasa itu hanya masyarakat saja yang mengasumsikan. Karena memang basis massa kami organisasi kemasyarakatan (Ormas) Islam. Tapi sebetulnya itu hanya kedekatan saja," pungkasnya.
(kur)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6863 seconds (0.1#10.140)
pixels