Kerja partai lebih penting daripada survei

Rabu, 20 Juni 2012 - 08:04 WIB
Kerja partai lebih penting daripada survei
Kerja partai lebih penting daripada survei
A A A
Sindonews.com – Kinerja nyata parpol jauh lebih penting ketimbang menanggapi hasil survei mengenai elektabilitas calon presiden (capres) ataupun partai. Politikus senior PDIP Pramono Anung mengatakan, tolok ukur utama elektabilitas capres dan parpol bukanlah hasil survei, melainkan kinerja politik yang sudah dilakukan.

Berdasarkan pengalaman PDIP di masa lalu, hasil survei politik tetap tinggi meskipun tidak ada kerja politik dari partai. "Kalau ada partai yang elektabilitasnya turun, dalam pandangan saya, itu karena ada persoalan di internal partai masing-masing," katanya di Gedung DPR, Jakarta, Selasa 19 Juni 2012.

Dia mengakui, PDIP pernah mengalami penurunan elektabilitas, terutama saat kasus suap cek pelawat mengemuka. Pramono berharap hal ini tidak menimpa parpol-parpol lain karena 2012 dan 2013 merupakan momen kerja lapangan bagi partai untuk pemenangan pemilu.

Parpol saatnya lebih gencar dan agresif melakukan pendekatan terhadap masyarakat yang menjadi kunci utama elektabilitas.

"Dari situ bisa dilihat, capres partai itu akan mendapatkan dukungan dari publik atau tidak. Kalau hasil survei kan hanya sebagai acuan dari kerja politik yang sudah dilakukan. Jadi, survei cukup sebagai referensi saja," tandas salah satu wakil ketua DPR itu. (lil)

()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.4334 seconds (0.1#10.140)