Ini hasil kunjungan Komisi I ke Papua

Senin, 11 Juni 2012 - 11:52 WIB
Ini hasil kunjungan...
Ini hasil kunjungan Komisi I ke Papua
A A A
Sindonews.com - Dalam kunjungan Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPR) RI ke Papua, tiga poin pokok menjadi bahasan untuk mengakhiri kekerasan yang terjadi di Papua.

Ketua Komisi I DPR RI Mahfudz Siddiq mengatakan tim pada Sabtu malam mengakhiri agenda kunjungan kerja spesifik ke Papua, dalam kunjungannya ada tiga hal pokok yang menjadi bahan diskusi.

Tiga hal tersebut yakni eskalasi gangguan keamanan berupa aksi-aksi kekerasan bersenjata, tidak efektifnya pemda akibat konflik pilkada dan gagasan penyelesaian komprehensif masalah Papua melalui jalan damai dan dialog.

"Ada tiga isu pokok yang menjadi bahasan dalam dialog secara mendalam," tutur Mahfud menjelaskan di DPR, Senayan, Jakarta, Senin (11/6/2012).

Berkenaan dengan gangguan keamanan, sambung Mahfudz, ditemukan fakta terkait aksi-aksi yang dilakukan oleh jaringan kelompok sipil bersenjata menargetkan untuk menciptakan keresahan dan ketakutan massa.

Wakil Sekjend PKS ini menambahkan tim dari Komisi I telah berdialog dengan berbagai elemen masyarakat yang terdiri dari untuk mencari solusi terhadap beberapa kekerasan yang terjadi di Papua.

"Ada unsur gereja, ormas muslim, akademisi, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), Komnas Hak Asasi Manusia (HAM) Papua, dan kalangan aktivis perempuan," ucapnya.

Selain itu, tim Komisi I DPR juga telah berdialog dengan pemerintahan setempat mulai dari pejabat pemda atau pihak keamanan seperti BIN Daerah, Pangdam Cendrawasih, Wakapolda, pejabat Gubernur Papua, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Papua (DPRP), Ketua Majelis Rakyat Papua (MRP), KPU Prov Papua dan Unit Percepatan Pembangunan Papua dan Papua Barat (UP4B).(azh)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6812 seconds (0.1#10.140)