RI & Rusia kerjasama investigasi Sukhoi

Jum'at, 11 Mei 2012 - 11:22 WIB
RI & Rusia kerjasama investigasi Sukhoi
RI & Rusia kerjasama investigasi Sukhoi
A A A
Sindonews.com - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menyambut baik tawaran Presiden Rusia Valadimir Putin untuk bekerja sama, pasca jatuhnya Pesawat Sukhoi Superjet 100 di Gunung Salak, Bogor, Jawa Barat.

"Tadi malam saya berbicara dengan Presiden Rusia, dan tentu kami berdua juga berduka. Karena itu Pesawat Rusia, tapi juga penumpangnya sebagian besar Indonesia," ujar SBY di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Jumat (11/5/2012).

SBY mengaku, bekerja sama dengan pihak Rusia terkait investigasi jatuhnya pesawat Sukhoi Superjet 100. "Kami bekerja sama untuk melakukan pencarian, pengumpulan, dan analisa apa yang terjadi, terus dilaksanakan tidak boleh berhenti," terangnya.

Selain itu, SBY juga menyambut baik terkait tawaran tersebut. "Tentu, tawaran itu saya sambut dengan baik, untuk investigasi, dan upaya lain," ungkapnya.

Tim yang telah ditugaskan akan bekerja secara maksimal, tentu dengan harapan segera selesai. "Saya minta kerja sama rekan-rekan wartawan. Kepada pihak keluarga, kita patut berdoa kepada Tuhan," tegasnya.

Seperti diketahui, Presiden Rusia Vladimir Putin menelpon langsung Presiden SBY. Keduanya saling mengucapkan rasa belasungkawanya yang mendalam atas musibah yang menimpa Pesawat Sukhoi di Bogor.

Dalam pembicaraan itu, Presiden Rusia juga menawarkan kerjasama dalam upaya melakukan identifikasi atau forensik jasad korban Sukhoi. "Ini diterima baik presiden dan jajaran mabes polri, terutama DVI untuk bekerja sama dengan mereka di Rusia," terang SBY seperti diksampaikan Juru Bicara Kepresidenan Julian Aldrin Pasha.

Ditambahkan SBY, Pemerintah Rusia juga menawarkan pengumpulan puing pesawat yang ada di sekitar terjadinya peristiwa tersebut. "Hal ini juga disambut baik Bapak Presiden dengan jajaran perhubungan, terutama KNKT untuk berkoordinasi dengan pihak Rusia," tukas Julian. (san)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.5234 seconds (0.1#10.140)