Menkopolhukam sesalkan insiden Mesuji

Jum'at, 04 Mei 2012 - 16:21 WIB
Menkopolhukam sesalkan insiden Mesuji
Menkopolhukam sesalkan insiden Mesuji
A A A
Sindonews.com - Menteri Koodinator Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukkam) Djoko Suyanto, menyayangkan tindakan massa yang telah melakukan aksi rusuh dan pembakaran fasilitas negara di Kabupaten Mesuji, Lampung, beberapa hari lalu.

Hal tersebut dikarenakan, tindakan yang dilakukan oleh sekelompok massa tersebut dinilai tidak mempunyai sisi positif sama sekali. Padahal, menurut Undang-undang, aparat yang dikena hukuman harus dicopot. Mendagri (Menteri Dalam Negeri) melaksanakan pencopotan, tapi hal tersebut membuat pendukung merasa tidak puas.

“Akibat pembakaran ini, yang rugi justru sebenarnya adalah mereka sendiri. Sebenarnya alasan mereka atas pencabutan SK Mendagri tersebut tidak ada hubungannya sama sekali,“ ujar Djoko saat ditemui di gedung DPR RI, Jumat (4/5/2012).

Namun, walaupun begitu Djoko mengatakan pihaknya akan tetap menegakan hukum yang berlaku atas insiden tersebut. Djoko juga meminta kepada aparat untuk memburu siapa dalang dibalik kerusuhan itu.

“Sampai saat ini pihak keamanan masih terus melakukan penyelidikan dan mencari pelaku dibalik insiden tersebut. Hukum harus tetap dilaksanakan,“ tegasnya.

Diketahui sebelumnya, Wakil Bupati Ismail Ishak mendekam di Lapas Menggala pasca pelantikan, 13 April lalu karena terkena kasus korupsi. Atas dasar itulah, Mendagri mengeluarkan SK pemecatan terhadap Ishak. Namun, diduga kuat hal tersebut akhirnya menjadi pemicu marahnya warga yang pro wakil bupati sehingga berujung pada pembakaran kantor di Mesuji. (wbs)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4565 seconds (0.1#10.140)