TPF dalami motif kekerasan terhadap sipir

Sabtu, 07 April 2012 - 11:28 WIB
TPF dalami motif kekerasan terhadap sipir
TPF dalami motif kekerasan terhadap sipir
A A A
Sindonews.com - Tim Pencari Fakta (TPF) hingga saat ini belum mengetahui motif penamparan terhadap sipir Lapas Kelas II Pekanbaru yang diduga dilakukan Wakil Menteri Hukum dan HAM, Denny Indrayana dan ajudannya.

TPF sendiri telah menggelar rekonstruksi untuk memastikan apakah Wamenkum HAM itu melakukan penamparan kemarin.

"Kami sendiri belum mendapatkan motifnya mengapa Denny bisa melakukan tindakan itu. Mungkin karena marah atau lalai atau karena apa," kata Ketua TPF Ridha yang juga Wakil Ketua Komnas HAM, Sabtu (7/4/2012).

Pihaknya juga belum bisa memastikan, apakah Denny memicu ajudannya untuk ikut melakukan kekerasan atau memang sengaja membiarkan kekerasan itu terjadi.

Sementara dalam rekonstruksi yang dilakukan Jumat 6 April lalu itu, terdapat empat adegan yang diperagakan. Adegan pertama, rombongan Denny menggedor pintu masuk. Kedua, pada saat rombongan masuk ruangan pertama terjadi kekerasan.

Adegan selajutnya, Deny meminta kunci ruang tahanan kepada sipir. Adegan keempat, Deny menyuruh sipir mengambil kunci.

Deny menampar pipi kiri sipir sebanyak satu kali diketahui pada saat adegan pertama. Kemudian, kekerasan dilanjutkan seorang pria tidak menggunakan seragam BNN, tidak membawa senjata, dan tidak menutup wajah.

"Kalau menurut pengakuan, dia (ajudan) berpakaian safari menendang kemudian masuk ke ruangan menendang lagi kemudian menyikut. Jadi orang sudah agak terbaring kemudian disikut lagi," ungkap Ridha.

Selanjutnya, berdasar hasil rekonstruksi dan keteranga dari sipir, TPF akan memanggil Denny Indrayana dalam waktu dekat ini.(lin)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5568 seconds (0.1#10.140)