Era SBY koruptor makin merajalela

Rabu, 04 April 2012 - 13:52 WIB
Era SBY koruptor makin merajalela
Era SBY koruptor makin merajalela
A A A
Sindonews.com - Sejak awal memerintah, Susilo Bambang Yudhoyono telah bertekad untuk memberantas korupsi dan berjanji akan memimpin sendiri pemberantasan korupsi. Namun faktanya era SBY koruptor semakin merajalela dan tak punya malu.

Ketua Presidium Ikatan Cendikia Muslim Indonesia (ICMI) Nanat Fatah Nasir menyatakan, budaya korupsi di Indonesia semakin hari semakin menghawatirkan.

"Bila zaman Orde Lama orang menerima suap di bawah meja. Kemudian di zaman Orde Baru orang menerima suap di atas meja. Kalau sekarang, orang menerima suap, sama meja-mejanya dibawa, bahkan makin merajalela," terangnya disela-sela acara seminar Nasional ICMI dengan tema 'Korupsi Ditinjau dari Berbagai Aspek", Hotel Gran Cempaka Putih, Jakarta Pusat, Rabu (4 /4/2012).

Artinya, kata Nanat, pelaku praktik korupsi di masa sekarang ini sudah semakin terang-terangan dan seolah tak tahu malu mengeruk uang rakyat.

Sementara itu proporsi publik yang menilai kondisi penegakan hukum di Indonesia "buruk" atau "sangat buruk" jauh lebih besar ketimbang yang menilai "baik".

Begitu juga proporsi publik yang menilai kinerja pemeritahan SBY dalam pemberantasan korupsi penilaian buruk ini, sesuai dengan hasil survei Lembaga Survey Indonesia (LSI), merupakan pertama kali terjadi pada pemerintahan SBY.

Menurut LSI, pada Desember 2005 sampai Desember 2010, masih ada penilaian positif. Namun pada Desember 2011 persepsi publik pada penegakan hukum nasional menurun drastis.

"Ini pertama kalinya dalam masa pemerintahan SBY, buruk dan sangat buruk lebih tinggi," ujar Direktur Eksekutif LSI,Dodi Ambardi saat dihubungi Sindonews. (wbs)

()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6215 seconds (0.1#10.140)