Lapas Sukamiskin akan jadi tahanan khusus koruptor

Jum'at, 23 Maret 2012 - 16:08 WIB
Lapas Sukamiskin akan jadi tahanan khusus koruptor
Lapas Sukamiskin akan jadi tahanan khusus koruptor
A A A
Sindonews.com - Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkum HAM) Amir Syamsudin sangat berhati-hati dalam menyikapi wacana Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Sukamiskin, Bandung, dijadikan khusus untuk koruptor.

Sebab, fasilitas dan lingkungan di Lapas Sukamiskin yang relatif lebih baik dibandingan lapas lain di Indonesia, dikhawatirkan akan menimbulkan kecemburuan bagi narapidana bukan korupsi alias napi umum. "Sukamiskin layak jadi percontohan," katanya Amir, di Lapas Sukamiskin, Bandung, Jumat (23/3/2012).

Dia mengaku, berniat merekomendasikan Lapas Sukamiskin sebagai lapas khusus koruptor. "Tapi kita lihat juga, jangan sampai di kemudian hari timbul kecemburuan dari pelaku tindak pidana lain yang sebetulnya grade-nya lebih bawah dari korupsi yah," ujarnya.

Sebab, sambung Amir, tindak pidana lain yang levelnya masih "mending" dibandingkan korupsi, juga berhak mendapat pelayanan sebagus di Lapas Sukamiskin.

Saat ditanya adakah lapas lain yang akan jadi percontohan selain Lapas Sukamiskin hingga akan dijadikan tahanan khusus koruptor, menurutnya sejauh ini belum ada. "Belum ada. Yang dekat-dekat sajalah," pungkasnya.

Seperti diketahui, kunjungan Kemenkum HAM ke Lapas Sukamiskin terjadi dua hari setelah narapidana korupsi yang juga Walikota Bekasi nonaktif Mochtar Mohammad dijeblokan ke penjara oleh KPK, pada Rabu 21 Maret 2012. (san)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5644 seconds (0.1#10.140)