SBY minta kader Demokrat tetap solid

Senin, 06 Februari 2012 - 14:16 WIB
SBY minta kader Demokrat...
SBY minta kader Demokrat tetap solid
A A A
Sindonews.com - Berdasar hasil survei Lingkaran Survei Indonesia (LSI) dukungan Partai Demokrat semakin menurun. Hal ini dipicu maraknya kader Partai Demokrat yang tersangkut persoalan dugaan kasus korupsi.

Maka itu wajar jika Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ikut bersuara karena merasa prihatin dengan nasib partai yang telah didirikannya itu. Bentuk keprihatinan itu dengan mengingatkan persoalan yang dihadapai Partai Demokrat itu, karena adanya beberapa kader yang tersangkut kasus hukum dan bukan karena adanya konflik internal.

"Apa yang disampaikan oleh Pak SBY berawal dari keprihatinan terhadap kondisi Partai Demokrat, yang dipacu oleh beberapa kader yang dianggap bahkan ditetapkan sebagai tersangka, terkait berbagai kasus korupsi," tutur Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) Partai Demokrat Saan Mustopa di Gedung DPR RI, Jakarta, Senin (6/2/2012).

Menurutnya, sejak beberapa kader Partai Demokrat diseret oleh Komisi pemberantasan Korupsi (KPK), berbagai persepsi dan perbedaan pandangan muncul di internal partai binaan SBY ini. "Berawal dari itu ada berbagai persepsi atau pandangan, perbedaan penyikapan dari situlah muncul persoalan di Partai Demokrat," ucap Saan.

Lanjutnya, SBY secara tegas sudah menyatakan yang terkait dengan soal hukum dan telah ditetapkan sebagai tersangka sudah jelas mekanismenya. Namun bagi kader Partai Demokrat yang diduga belum mempunyai status apapun, SBY masih memberikan kesempatan demi menjaga keutuhan partai.

Diakui Saan, sejumlah kasus yang menyeret kader Partai Demokrat menimbulkan reaksi di internalnya. Benih perpecahan mulai muncul. Tapi sejumlah elit Partai Demokrat ini menepis partai tersebut tetap Solid dan kompak, dan rupanya pesan itu juga disampaikan oleh SBY selaku Ketua Dewan pembina.

"Pesan Pak SBY untuk menjaga soliditas, tidak ada perbedaan pandangan, apalagi antara dewan pembina dengan DPP," tandas Sekretaris Fraksi Partai Demokrat di DPR ini.
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8805 seconds (0.1#10.140)