UNIFIL periksa kebersihan markas Indobatt

Senin, 30 Januari 2012 - 10:58 WIB
UNIFIL periksa kebersihan markas Indobatt
UNIFIL periksa kebersihan markas Indobatt
A A A
Sindonews.com - Tim Hygiene Inspection dari UNIFIL melaksanakan pemeriksaan standar kebersihan di Markas Satgas Batalyon Mekanis Konga XXIII-F/UNIFIL (Indobatt), Adshit Al Qusayr, Minggu (29/1/2012). Pemeriksaan ini merupakan pertama kalinya bagi Satgas Indobatt, semenjak masa penugasan di Lebanon Selatan, dua setengah bulan yang lalu.

Tujuan Hygiene Inspection ini untuk mengontrol tingkat kebersihan fasilitas yang ada di markas satuan jajaran UNIFIL. Pemeriksaan kebersihan ini juga sebagai tindakan pencegahan timbulnya penyakit dan penyebaran kuman-kuman ataupun bakteri yang dapat mengganggu kesehatan.

Tim kesehatan berjumlah tiga orang, dipimpin oleh Chief Hygiene Letkol dr. Latif Usman, didampingi Letnan Devita Hygiene Officer dan WO Ram Prakarh Patel disambut oleh Komandan Indobatt Letkol Inf Suharto Sudarsono beserta para perwira staf, bertempat di ruang rapat Mako Satgas.

Selanjutnya rombongan menerima penjelasan singkat dari Kasilog Indobatt Kapten Cal Indra tentang rencana kegiatan pemeriksaan. Pelaksanaan pemeriksaan kebersihan diawali dengan peninjauan ke korimek (tempat tidur), kamar mandi, tempat cuci, gudang penyimpanan makanan, dapur serta rumah sakit level I Husada yang berada di Markas Indobatt.

Kemudian, tim memeriksa kompi-kompi yang berada di area UN POSN 7-1, yaitu Kompi Delta, Egle dan Kompi Bantuan. Untuk kompi-kompi di luar area Mako Satgas yaitu Kompi Chetah dan Kompi Bravo pelaksanaan inspeksi akan dilaksanakan pekan depan.

Pemeriksaan kebersihan dilaksanakan secara rutin tiga bulan sekali oleh tim Hygiene dalam menjaga kesehatan personel UNIFIL. Adapun materi pengecekan secara keseluruhan meliputi, personel hygiene, camp hygiene, food hygiene, water hygiene, ambulatory, control of pests, work hygiene dan shelters.

Mendampingi tim UNIFIL dalam melaksanakan pemeriksaan kebersihan yaitu Pasi Log Kapten Mar Agus, Pa Food Lettu AL Sony Lesmana dan Lettu Kes dr. Langgeng. Untuk hasil pemeriksaan kebersihan keseluruhan akan disampaikan setelah seluruh jajaran Indobatt sudah dilaksanakan pemeriksaan, namun menurut Ketua Tim Letkol Usman usai makan siang bersama mengatakan, "Secara umum, kebersihan di Markas Indobatt sudah baik dan perlu dipertahankan." (san)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8614 seconds (0.1#10.140)