alexametrics

Jokowi Tegaskan Kartu Prakerja Mulai Dilaksanakan Pekan Ini

loading...
A+ A-
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan pemerintah segera merealiasikan program jaring pengaman sosial. Salah satunya kartu prakerja yang akan dilaksanakan pada pekan ini.

“Kartu prakerja yang akan dimulai tanggal 9 April ini,” katanya saat membuka rapat terbatas terkait Efektivitas Penyaluran Program Jaring Pengaman Sosial, Selasa (7/4/2020). (Baca juga: Jokowi Ingatkan Jaring Pengaman Sosial Jangan Berbelit-belit)

Dia mengatakan anggaran untuk kartu prakerja dinaikan dari Rp10 triliun menjadi Rp20 triliun. Hal ini merupakan langkah pemerintah mengatasi dampak adanya penyebaran virus Corona (COVID-19).“Penerima manfaatnya 5,6 juta orang. Terutama yang terkena PHK, pekerja informal, pelaku usaha mikro dan kecil yang terdampak COVID-19,” ungkapnya. (Baca juga: Jokowi: Realisasi Program Jaring Pengaman Sosial Harus Cepat dan Tepat)



Sebelumnya Jokowi menyebut penerima kartu prakerja akan menerima manfaat sebesar Rp650.000 sampai Rp1 juta selama 4 bulan ke depan.Seperti diketahui, pemerintah telah mengalokasikan Rp110 triliun untuk anggaran jaring pengaman sosial. Selain kartu prakerja, anggaran tersebut digunakan juga untuk menaikan besaran dan jumlah penerima manfaat PKH dan kartu sembako.Termasuk pemberian bantuan sosial khusus di wilayah di Jabodetabek, serta penggratisan dan diskon tarif listrik.
(cip)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top