Pemerintah Sebar 200 Ribu Paket Sembako di Jabodetabek

Senin, 06 April 2020 - 16:22 WIB
Pemerintah Sebar 200 Ribu Paket Sembako di Jabodetabek
Pemerintah Sebar 200 Ribu Paket Sembako di Jabodetabek
A A A
JAKARTA - Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19, Doni Monardo menyebut pemerintah akan mendistribusikan paket sembako dalam waktu dekat ini.

Sebanyak 200 ribu sembako akan didistribusikan di wilayah Jakarta Bogor Depok Tangerang Bekasi (Jabodetabek).

“Bapak Menteri Sosial telah melaporkan kepada Bapak Presiden bahwa dalam waktu dekat ini ada sebanyak 200 ribu paket sembako yang akan didistribusikan ke wilayah Jabodetabek. Ini di luar dari program sosial safety net,” kata Doni saat konferensi pers, Senin (6/4/2020).

Dia mengatakan, Gugus Tugas akan berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten untuk proses distribusi.

“Kita harapkan keterlibatan dari unsur-unsur yang ada di depan teerutama kepala desa atau lurah termasuk RT/RW untuk kiranya bisa memberikan masukan siapa masyarakat yang perlu mendapatkan prioritas,” ungkapnya.

Sebelumnya Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan pemerintah menyiapkan jaring pengaman sosial. Terutama bagi masyarakat yang tinggal di DKI Jakarta.

“Saya melihat bantuan perlindungan sosial, stimulus ekonomi akan sangat membantu sekali dalam bertahan, terutama di Ibu Kota,” kata ungkapnya.

Dia mengatakan, pemerintah pusat akan membantu Pemda DKI Jakarta dalam program jaring pengaman sosial. Dimana sebelumnya Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebut akan menyiapkan program tersebut untuk 1,1 juta orang.

“Saya kira kemarin gubernur DKI juga sudah menyampaikan 3,6 juta perlu dimasukan di dalam jaring pengaman sosial. Yang sudah diberikan oleh provinsi DKI 1,1 juta. Artinya tinggal 2,5 juta yang perlu segera kita siapkan untuk dieksekusi dilapangan,” ujarnya.

Seperti diketahui total anggaran untuk penanganan virus Corona mencapai Rp405,1 triliun. Sebanyak Rp110 triliun diantaranya digunakan untuk perlindungan sosial. Sementara sisanya digunakan untuk pembelian alat kesehatan dan stimulus ekonomi.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8020 seconds (0.1#10.140)