alexametrics

Kabar Duka, Belasan Dokter Gugur saat Berjuang Lawan Corona

loading...
Kabar Duka, Belasan Dokter Gugur saat Berjuang Lawan Corona
Kabar Duka, Belasan Dokter Gugur saat Berjuang Lawan Corona
A+ A-
JAKARTA - Virus Corona masih mewabah. Sudah banyak korban jiwa akibat tertular virus ini, termasuk dari kalangan tenaga medis dan dokter.

Hingga kini tercatat ada sekitar 13 dokter yang meninggal dunia karena terpapar virus Corona (COVID-19).



Wakil Ketua Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) Mohammad Adib Khumaidi membenarkan informasi tersebut. "Benar," katanya ketika dikonfirmasi SINDOnews, Kamis (02/04/2020).

Berdasarkan informasi yang dihimpun SINDOnews, para dokter yang meninggal berasal dari berbagai wilayah. Ada di antaranya yang juga bergelar guru besar dan pengajar di perguruan tinggi.

Selain dokter umum, virus Corona juga mengakibatkan dua orang dokter gigi meninggal dunia.

Adib meluruskan kabar beredar yang menyebutkan ada dokter di Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat yang wafat karena terpapar Corona.



“Diinfokan oleh keluarga bukan karena COVID-19,” ucapnya.

Humas PB IDI Halik Malik mengungkapkan dokter itu meninggal karena kelelahan dan serangan jantung karena kelelahan menyiapkan fasilitas kesehatan dan mengedukasikan masyarakat mengenai ancaman penyebaran Corona. (Baca juga: Kasus Corona di Indonesia 2 April 2020: 1.790 Orang Positif, 170 Meninggal Dunia)

PB IDI mengakui kesulitan mendapatkan data resmi mengenai dokter dan tenaga medis yang meninggal karena COVID-19.

Halik mengungkapkan selama ini PB IDI mengandalkan informasi dari rekan sejawat, IDI daerah, dan fasilitas kesehatan.

“Seharusnya Kemenkes atau Dinas Kesehatan setempat bisa mengumumkan tenaga medis yang meninggal. Tidak harus menunggu penderita sendiri atau keluarganya menyampaikan. Ini statusnya sudah kedaruratan kesehatan masyarakat. Informasi tentang siapa saja yang tertular penting untuk memutus mata rantai penularan,” tutur Halik.
(dam)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top