Begini Cara Penyajian Makanan Tim Medis yang Menginap di Hotel

loading...
Begini Cara Penyajian Makanan Tim Medis yang Menginap di Hotel
Begini Cara Penyajian Makanan Tim Medis yang Menginap di Hotel
A+ A-
JAKARTA - Sekitar 638 tenaga kesehatan yang bertugas sebagai Tim Medis COVID-19 kini menginap di sejumlah hotel di Jakarta. Lalu, bagaimana dengan penyediaan makanan mereka?. PT Jakarta Tourisindo (Jaktour) salah satu BUMD milik Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sudah memikirkan itu.

Mereka pun sudah menyiapkan makanan yang bergizi dan higeinis. Untuk menyediakan kebutuhan makan tersebut, pihak Jaktourmenggandeng tim gizi dan kesehatan lingkungan Suku Dinas Kesehatan Jakarta Pusat dan PKM (Pusat Kesehatan Masyarakat) Kecamatan Cempaka Putih. (Baca juga: Jokowi Tinjau RS Darurat Corona di Pulau Galang)

Tim tersebut bertugas untuk memastikan kecukupan asupan gizi dan juga memeriksa keamanan makanan yang disumbangkan oleh masyarakat.

Direktur Utama Jaktour Novita Dewi mengatakan, pemeriksaan higienisitas makanan memang perlu dilakukan untuk menjamin kesehatan Tim Medis COVID-19 yang telah berjuang menangani wabah corona di beberapa rumah sakit rujukan pemerintah.



“Kami memang berkomitmen untuk memberi pelayanan terbaik kepada tenaga kesehatan yang bertugas menangani COVID-19 ini, selain memberi fasilitas penginapan tentu kebutuhan makannya akan kami siapkan dan menjamin sesuai standar kesehatan dan keamanan pangan,” ungkap Novi.

Untuk penyajian makanan para tim medis tersebut, wajib disajikan dalam wadah khusus, sehingga keamanan dan kebersihannya tetap terjamin.

“Untuk penyajian makanan bagi para tenaga kesehatan yang menginap di hotel yang kami kelola, kami upayakan semaksimal mungkin dari segi keamanan serta pemenuhan gizinya. Untuk itu makanan yang merupakan hibah dari masyarakat akan kami lakukan pengecekan terlebih dahulu sebelum dikonsumsi oleh tenaga kesehatan,” paparnya.



Sekretaris Dinas Kesehatan Pemprov DKI Jakarta Dhita mengatakan, timnya telah melakukan pemeriksaan terhadap makanan yang diberikan kepada Tim Medis COVID-19. Dan dari hasil pengecekan tersebut, semuamemenuhi standar makanansehat, bergizi, dan higienis. "Alhamdulillah memenuhi standar, baik dari segi kemananan, kebersihan, maupun kecukupan gizinya " ungkap Dhita.

Untuk diketahui tim medis COVID-19 yang bertugas di 4 RSUD wilayah DKI Jakarta yang menjadirujukan penanganan wabah corona yakni RSUD Tarakan, RSUD Pasar Minggu, RSUD Duren Sawit, dan RSUD Koja, telah ditampung untuk menginap di 4 hotel yang dikelola oleh Jaktour yaitu Grand Cempaka,D'Arcici Alhijrah, D'Arcici Plumpang, dan D'Arcici Sunter.

Hal itu dilakukan pihak Jaktourmengingat tim medis yang bertugas menangani COVID-19 kerap mendapat perlakuan diskriminatif dari lingkungan masyarakat di mana dia tinggal karena takut akan menularkan wabah corona.
(nbs)
TULIS KOMENTAR ANDA!
preload video
Top