PB HMI Jaring Gagasan Publik Hadapi Krisis Ekonomi Akibat Wabah Corona

Kamis, 26 Maret 2020 - 11:05 WIB
PB HMI Jaring Gagasan Publik Hadapi Krisis Ekonomi Akibat Wabah Corona
PB HMI Jaring Gagasan Publik Hadapi Krisis Ekonomi Akibat Wabah Corona
A A A
JAKARTA - Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam (PB HMI) menggagas konsolidasi gagasan publik terkait kehidupan sosial dan strategi dalam menghadapi krisis ekonomi yang timbul akibat wabah virus Corona (COVID-19).

Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) PB HMI, Ali Zakiyudin mengatakan gagasan publik tersebut akan diambil 10 besar dan akan dipresentasikan dalam Kongres XXXI HMI di Surabaya.

“Mekanisme konsolidasi gagasan ini bisa berbentuk paper atau jurnal yang nantinya akan dijadikan sebagian bentuk kontribusi HMI dalam membangun komitmen kebangsaan,” ujar Ali dalam keterangan tertulis kepada SINDOnews, Kamis (26/3/2020).

Pihaknya mencoba mengonsolidasikan gagasan-gagasan brilian masyarakat, khususnya insan akademik yang ingin berkontribusi secara langsung dalam proses recovery ekonomi dan sosial Indonesia pasca wabah Corona melalui paper dan jurnal ilmiah yang dapat dipertanggungjawabkan.

Ali yang juga Ketua Panitia Nasional Kongres (Panasko) HMI menjelaskan, wabah COVID-19 merupakan momentum refleksi bagi para elite dan rakyat untuk meninjau kembali sistem ekonomi yang dilanda krisis.

"Wabah COVID-19 ini harus menjadi pelajaran bagi pemerintah bahwa Covid-19 telah berdampak buruk terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia. Ke depan, pemerintah harus lebih bekerja keras untuk memperkuat ekonomi sehingga bisa tumbuh sesuai target," tutur Ali.

Menurutnya, dampak dari kebijakan social distance sedikit banyak telah mengubah nilai-nilai sosial yang ada di masyarakat. "Di satu sisi masyarakat mempunyai kepekaan untuk saling bantu satu sama lain, namun di sisi lain timbul sikap saling curiga di masyarakat. Misal batuk sedikit atau pilek dikit dicurigai kena COVID-19 yang manakutkan ini, akhirnya masyarakat enggan untuk menyapa,” jelas Ali.

Karena itu, menurutnya, pola penataan sosial dan ekonomi nasional pasca wabah COVID-19 harus direncanakan dan didesain secara baik dengan melibatkan semua unsur masyarakat.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7883 seconds (0.1#10.140)