Di Tengah Banyaknya Informasi Soal Corona, Manfaatkan Ponsel dengan Bijak

Senin, 23 Maret 2020 - 18:01 WIB
Di Tengah Banyaknya Informasi Soal Corona, Manfaatkan Ponsel dengan Bijak
Di Tengah Banyaknya Informasi Soal Corona, Manfaatkan Ponsel dengan Bijak
A A A
JAKARTA - Informasi mengenai virus corona (COVID-19) sangat mudah di dapatkan di dunia maya, baik melalui akun media sosial (medsos) maupun website penyedia sumber berita. Namun sebagai pengguna ponsel, tentunya harus dilakukan dengan bijak dalam memilah informasi yang ada.

Untuk diketahui, jumlah kasus positif virus corona di Indonesia kembali bertambah. Hingga Senin 23 Maret 2020 pukul 12.00 WIB, jumlah pasien positif corona sebanyak 579 orang dan 49 meninggal dunia.

Pasalnya, tak semua informasi yang ada sesuai dengan fakta. Bisa jadi sumber informasi yang didapatkan adalah berita bohong atau hoaks. Karena itu, perlu langkah-langkah antisipasi dalam menggunakan ponsel.

Selain itu dalam pemanfaatan ponsel, harus memperhatikan faktor ketahanan hanphone tersebut. Karenanya perlu cara untuk menghemat pemakaian RAM di perangkat android, seperti dikutip dari leskompi , Senin (23/3/2020).

Pertama, jika tidak ada masalah, santai saja. Untuk diketahui, konsumsi RAM di Android sudah dibuat efisien. Untuk itu, tidak perlu merasa khawatir apabila RAM yang ada di perangkatmu sudah banyak terpakai, sebab memang seperti itu cara kerjanya.

"Saat ini, Android memang didesain untuk memastikan aplikasi tetap berjalan di memori. Hal ini dilakukan agar saat kamu membukanya, aplikasi itu mampu berjalan lebih cepat," kata sumber tersebut.

Kedua, cek aplikasi yang boros memori, dengan cara ini, dapat mengetahui aplikasi mana yang banyak memakan memori. Untuk mengetahuinya, dapat melakukan langsung dari menu Settings. Setelah mengetahui aplikasi yang dianggap memberatkan, kamu dapat menggantinya dengan aplikasi yang lebih ringan.

"Ketiga, tak perlu aplikasi Ttask killers atau RAM Boosters, namun perlu diingat, aplikasi semacam ini tidak banyak berpengaruh pada performa perangkat. Seperti disebut sebelumnya, konsumsi memori di Android sudah lebih efisien. Karenanya, pengguna perangkat Android tidak perlu sampai menutup aplikasi yang masih berjalan," ucapnya.

Keempat, cara sederhana untuk hemat konsumsi RAM, salah satunya adalah tidak mengaktifkan live wallpaper atau widget yang terlalu banyak. Cara lain yang dapat dilakukan adalah menghapus aplikasi yang tidak lagi dipakai. Sebagai tambahan, selalu perbarui aplikasi atau sistem Android yang baru dirilis.

Kelima, menggunakan aplikasi Lite Version. Dengan aplikasi semacam ini, masih tetap memakai fitur utama sebuah aplikasi, tapi lebih ringan. Jadi, kalau handset lemot, jangan langsung berniat memperbaiki android .
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4645 seconds (0.1#10.140)