Kerja Sama Lintas Iman, Tim Relawan GMC19 Semprot Disinfektan di Gereja dan Mushola

Sabtu, 21 Maret 2020 - 21:35 WIB
Kerja Sama Lintas Iman, Tim Relawan GMC19 Semprot Disinfektan di Gereja dan Mushola
Kerja Sama Lintas Iman, Tim Relawan GMC19 Semprot Disinfektan di Gereja dan Mushola
A A A
JAKARTA - Tim Relawan Gereja Melawan COVID-19 (GMC19) yang dipimpin langsung oleh Sekum Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI) Pdt Jacky Manuputty bersama-sama melakukan penyemprotan disinfektan di ruang-ruang ibadah di Cipinang Lontar. Selain GPIB Torsina dan GPdI Karmel, Tim juga melayani penyemprotan disinfektan di Mushola Wakaf Al-Mustafa di Cipinang Lontar.

“Upaya mengatasi penyebaran virus Corona ini adalah masalah bersama,” ujar Pengurus Mushola Wakaf Al-Mustafa di Cipinang Lontar, Ustaz Heru seraya mengucapkan terima kasih atas kehadiran Tim Relawan MC19 di Jakarta, Sabtu (21/3/2020). (Baca juga: Panglima TNI Kerahkan Hercules ke Shanghai Angkut Logistik Kesehatan COVID-19 )

Beberapa warga sekitar, dari ragam agama dan latar belakang juga meminta untuk dilayani penyemprotan disinfektan. “Kami sudah merekrut puluhan anak muda untuk menjalankan tugas ini, dan mereka dibagi ke dalam beberapa tim,” kata Pendeta Manuputty.

Para relawan itu telah menjalani pelatihan sebelumnya yang dibagi dalam dua angkatan. Menurut Pdt Manuputty, masih akan dilatih lagi beberapa pemuda lainnya. Mereka datang dari berbagai latar belakang gereja.

Yang menarik, untuk mempersiapkan para relawan gereja tersebut, PGI meminta bantuan fasilitator dari Dompet Duafa untuk ikut melatih, di samping petugas dari RS PGI Cikini. “Mengatasi dampak buruk virus ini kita tidak bisa berjalan sendiri-sendiri. Kita harus berjalan bersama tanpa batas-batas sosial atau sekat agama,” tuturnya.

Selain aksi oleh Tim Relawan GMC19 ini, PGI juga menjalin kerja sama dengan ICRP dalam menyemprot ruang-ruang publik lainnya di berbagai tempat. Kegiatan relawan ini akan dilanjutkan dengan kegiatan penyemprotan di rumah ibadah lainnya. Oleh karena itu dukungan gereja dan masyarakat sangat dibutuhkan agar program ini bisa berjalan dengan baik.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6593 seconds (0.1#10.140)