Ternyata Ini Penyebab Virus Corona Masuk ke Indonesia

Selasa, 10 Maret 2020 - 22:08 WIB
Ternyata Ini Penyebab Virus Corona Masuk ke Indonesia
Ternyata Ini Penyebab Virus Corona Masuk ke Indonesia
A A A
JAKARTA - Jumlah pasien positif corona di Indonesia sampai saat ini telah mencapai 27 orang. Di mana 12 di antaranya, merupakan pasien imported case atau penularannya berasal dari luar negeri.

(Baca juga: Kian Melonjak, Pasien Positif Corona Tembus 27 Orang)

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Virus Corona Achmad Yurianto memberikan penjelasan, mengapa penularan virus corona di luar negeri bisa masuk Indonesia.

"Pasti kalau tidak terlacak oleh thermal scanner berarti suhunya memang tidak panas," kata Achmad Yurianto di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa (10/3/2020).

Dia mengatakan, pasien yang tertular di luar negeri tidak demam karena masih dalam masa inkubasi. Selain itu dia juga menduga bahwa sebenarnya sudah muncul gejala ringan tetapi masih dalam pengaruh obat.

"Misalnya, dia merasa flu tapi dia bisa beli obat flu, pasti ada obat penurun panas dalam obat flu. Pasti panasnya akan turun, sehingga tak terdeteksi," ungkapnya.

Yuri memastikan, pengetatan pengawasan di pintu-pintu masuk terus dilakukan. Selain pemeriksaan suhu tubuh, petugas bandara juga meminta setiap pendatang untuk mengisi Health Alert Card.

"Health alert. Ini yang menjadi sangat berfungsi karena dia menyadari betul dari daerah yang berisiko dan dia datang ke Tanah Air dan merasakan sakit. Maka dia membawa kartunya ini datang ke rumah sakit dan kami lakukan tracing," pungkasnya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6495 seconds (0.1#10.140)