Dua Warga Kena Corona, Pemerintah Diminta Screening Ulang

Senin, 02 Maret 2020 - 13:03 WIB
Dua Warga Kena Corona, Pemerintah Diminta Screening Ulang
Dua Warga Kena Corona, Pemerintah Diminta Screening Ulang
A A A
JAKARTA - Pemerintah diminta melakukan screening ulang kepada warga negara Indonesia di Tanah Air. Hal ini merespons adanya dua warga Indonesia yang positif terkena virus corona.

"Proses screening harus dilakukan di semua Puskesmas di semua rumah sakit. Untuk mendeteksi apakah ada lagi yang positif covid-19," kata anggota Komisi IX DPR RI, Kurniasih Mufidayati kepada wartawan di Jakarta, Senin (2/3/2020)

Menurut Politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini, Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto bisa mengeluarkan surat perintah kepada seluruh unit layanan kesehatan. "Supaya seluruh unit layanan kesehatan baik tingkat pertama maupun lanjut, harus melakukan proses screening terhadap pasien yang ada di situ," ujarnya. (Baca juga: Corona Masuk Indonesia, Ini Kronologi Tertularnya Dua Warga Depok )

Legislator asal daerah pemilihan DKI Jakarta I ini berpendapat, masyarakat harus diimbau untuk melaporkan ke unit layanan kesehatan terdekat ketika menemukan gejala-gejala virus Corona. "Saya kira ini harus segera dilakukan. Masyarakat harus tetap tenang tapi waspada. Diimbau untuk segera melaporkan diri ketika menemukan indikasi covid-19," ungkapnya. (Baca juga: Korban Tewas Corona Terus Berjatuhan dari China hingga Australia )

Apalagi gelaja virus Corona hampir sama dengan penyakit flu. "Kalau menemukan dirinya demam, flu, dan mulai sesak nafas harus segera melaporkan diri ke layanan kesehatan terdekat," tandasnya.

Diketahui, adanya dua WNI yang terkena virus corona disampaikan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Dua warga Depok itu tertular setelah bertemu dengan orang Jepang di Jakarta.
(poe)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9506 seconds (0.1#10.140)