alexametrics

Soal Jiwasraya, Ada Kecenderungan Sikap PAN Selaras dengan Koalisi Jokowi

loading...
A+ A-
JAKARTA - Direktur Eksekutif Indonesia Public Institut (IPI), Karyono Wibowo menilai, sikap Partai Amanat Nasional (PAN) terhadap kasus gagal bayar PT Jiwasraya belum terlihat tegas.

Menurut Karyono, belum tentu PAN akan ikut Demokrat dan PKS yang mendorong dibentuknya Pansus Jiwasraya atau ikut bersikap sama dengan partai-partai koalisi pendukung pemerintah yang lebih memilih menyelesaikan masalah Jiwasraya melalui mekanisme hukum dan Panja di DPR.

"Pasalnya, Ketua Umum PAN mengatakan partainya belum menentukan sikap apakah mau bergabung ke dalam koalisi pemerintah atau menjadi oposisi," kata Karyono saat dihubungi SINDOnews, Senin (17/2/2020). (Baca juga: Demokrat Terus Berharap PAN Dukung Pansus Jiwasraya).



Terlebih, Karyono mengatakan, Zulkifli Hasan atau Zulhas yang terpilih kembali menjadi Ketua Umum PAN sudah menyatakan akan menjadi mitra kritis pemerintahan Jokowi-KH. Ma'ruf Amin.

Ia menilai, ada kecenderungan sikap PAN dalam kasus Jiwasraya bisa selaras dengan sikap partai koalisi pemerintah. Pasalnya, PAN akan membuat kalkulasi politik yang membuat posisi aman. Sikap tersebut bisa saja akan menimbulkan persepsi publik bahwa PAN sikapnya melunak. "Tapi di dalam pergulatan politik, sikap tersebut kerap terjadi, tidak hanya berlaku untuk PAN saja," ujarnya. (Baca juga: Jika PAN Masuk Koalisi Jokowi-Ma'ruf, Hanura: Jangan Terlalu Banyak Merengek).
(zik)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top