Bentuk Pansus Tunjukkan Ada Iktikad Baik Usut Jiwasraya

Rabu, 05 Februari 2020 - 09:34 WIB
Bentuk Pansus Tunjukkan Ada Iktikad Baik Usut Jiwasraya
Bentuk Pansus Tunjukkan Ada Iktikad Baik Usut Jiwasraya
A A A
JAKARTA - Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting, Pangi Syarwi Chaniago menilai, yang terpenting bukan berhasil atau tidaknya usulan hak angket Pansus PT Jiwasraya untuk menyelidiki secara politik kasus tersebut di DPR.

"Yang terpenting kita lihat proses dan iktikad baik dari dua fraksi ini dalam hal ini PKS dan Demokrat," ujar Pangi saat dihubungi SINDOnews, Rabu (5/2/2020).

(Baca juga: Soal Pansus Jiwasraya, Fraksi Lain Terkesan Hati-hati)

Pangi mengatakan, jika melihat dari peta kekuatan politik di Parlemen, dua fraksi itu memang masih kalah. Namun demikian, ini bukan soal ujung pansus tapi bisa mengungkap penyelidikan, motivasi, otak di balik ini semua termasuk penyelidikan kemana dana jiwasraya ini mengalir.

"Pansus Jiwasraya adalah proses penyelidikan politik, penegakan hukum kita jalan apabila ada dorongan/tekanan politik. DPR dalam hal ini Pansus bisa menekan proses hukum berjalan normal agar semua bisa terang benderang, soal aliran dan penyimpangan dana Jiwasraya," katanya.

Di sisi lain lanjut Pangi, adanya usulan Pansus ini bisa menjawab misteri dan dugaan-dugaan selama ini misalnya soal aliran dana Pansus menggalir ke dana kampanye calon presiden/wakil presiden.

Menurutnya, Pansus bisa dibuka ke publik. Karena jika tak ada pansus Jiwasraya, maka 'penjahat' dan perampok BUMN bakal ketagihan dan tidak merasa.

"Apalagi dari informasi berkembang misalnya dari tersangka yang ditahan, bahwa beliau mengatakan 'mengapa enggak semua sekalian ditangkap' berarti masih banyak aktor intelektual lain yang harus segera ditangkap. Harapan kita pansus Jiwasraya membuka secara terang benderang bobroknya negara ini," pungkasnya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8526 seconds (0.1#10.140)