Rekonsiliasi Berjalan, Prabowo Dinilai Bikin Jokowi Merasa Tenang

Kamis, 02 Januari 2020 - 11:12 WIB
Rekonsiliasi Berjalan, Prabowo Dinilai Bikin Jokowi Merasa Tenang
Rekonsiliasi Berjalan, Prabowo Dinilai Bikin Jokowi Merasa Tenang
A A A
JAKARTA - Kedatangan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menemui Presiden Joko Widodo di Istana Kepresiden Yogyakarta di awal tahun 2020 dinilai menyimpan pesan tersirat.

Setidaknya, pertemuan kedua sosok yang bertarung di Pilpres 2019 itu menunjukkan rekonsiliasi telah berjalan dengan baik. "Politik yang tadinya panas, menjadi sedikit adem. Karena Prabowo sudah menjadi bagian pemerintah," kata Direktur Eksekutif Indonesia Political Review (IPR), Ujang Komarudin kepada SINDOnews, Kamis (2/1/2020). (Baca Juga: Prabowo dan Putranya Jadi Tamu Pertama Jokowi di Tahun 2020)

Ujang menilai Prabowo yang telah menjadikan Jokowi tenang karena tak ada huru-hara politik yang berkelanjutan pasca pilpres. Jokowi juga meras tenang, karena tak ada oposisi yang kuat.

"Karena gerbong oposisi terpecah. Gerindra masuk koalisi Jokowi, Demokrat dan PAN cari aman dan hanya PKS yang jadi oposisi," ungkap dia.

Ujang menambahkan dengan bergabungnya Prabowo ke koalisi Jokowi, apalagi menjadi anak buahnya Jokowi di kabinet membuat dinamika politik menjadi harmonis.

"Itu yang membuat Jokowi senang. Senang politik di 2020 akan stabil," ujar analis politik asal Universitas Al Azhar itu.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5848 seconds (0.1#10.140)