Selain Pilpres, Tahun 2019 Banyak Sejumlah Catatan Peristiwa

loading...
Selain Pilpres, Tahun 2019 Banyak Sejumlah Catatan Peristiwa
Selain Pilpres, Tahun 2019 Banyak Sejumlah Catatan Peristiwa
A+ A-
JAKARTA - Dinamika sosial politik di negeri ini selama tahun 2019 sungguh luar biasa. Banyak peristiwa terjadi selama tahun ini, namun yang paling menonjol tentu saja terkait Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 dan dinamika pasca-Pemilu 2019.

(Baca juga: Kondisi Politik di 2020 Diprediksi Berlangsung Dinamis)

Pengamat senior Intelijen Suhendra Hadikuntono mengatakan, sejatinya di balik itu banyak peristiwa lain yang terjadi di tahun ini, namun gemanya tertutup oleh ingar-bingar perhelatan Pilpres 2019.

"Dari berbagai peristiwa setidaknya ada lima peristiwa menarik yang saya catat dalam upaya merajut sabuk nusantara, pertama memberantas mafia sepak bola," kata Suhendra, Selasa (31/12/2019).



Akhirnya kata Suhendra, dibentuk Komite Perubahan Sepak Bola Nasionali (KPSN). KPSN adalah lembaga murni swadaya masyarakat dan independen. Atas inisiasi dan kerja keras KPSN, Polri akhirnya bisa meringkus 17 orang pengurus PSSI sebagai tersangka mafia sepak bola, dan ini sejarah.

"Belum pernah terjadi di belahan dunia mana pun pengurus federasi sepak bola dicokok oleh aparat kepolisian sedemikian banyaknya," ucapnya.

Kedua menurut Suhendra, mencegah gejolak para mantan anggota Gerakan Aceh Merdeka (GAM). Pada awal Oktober 2019, publik digemparkan oleh berita bahwa Komnas HAM tiba-tiba berencana memanggil Muzakir Manaf, mantan Panglima GAM untuk suatu kasus di masa lalu. Sontak pemanggilan ini membuat internal GAM meradang dan bergejolak.



"Semua kekuatan GAM langsung siap siaga, dan kalau hal ini tidak diredam sudah pasti menimbulkan gejolak sosial, politik dan keamanan di Aceh. Segera memetakan masalah dan bersama tim bergerak cepat dalam dua kegiatan," ungkapnya
halaman ke-1 dari 3
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top