Gelar Lomba dan Pameran Foto, Radesa Berharap Muncul Gus Dur Baru

Senin, 23 Desember 2019 - 23:36 WIB
Gelar Lomba dan Pameran Foto, Radesa Berharap Muncul Gus Dur Baru
Gelar Lomba dan Pameran Foto, Radesa Berharap Muncul Gus Dur Baru
A A A
JAKARTA - Satu dekade haul Presiden ke IV Republik Indonesia, KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur dimanfaatkan Radesa Institute dengan mengadakan lomba dan pameran foto `Sang Maha Guru` Abdurrahman Wahid atau Gus Dur bertajuk Satu Dekade Haul Gus Dur.

Panitia penyelenggara, Billy Ariez mengatakan, lomba dan pameran tersebut sengaja digelar bukan sekadar untuk mengenang Gus Dur, namun melestarikan warisan keilmuan dan keteladanan Gus Dur bagi generasi penerus bangsa.

"Hakikat digelarnya acara tersebut bukan hanya untuk mengenang Gus Dur, tetapi juga sebagai harapan munculnya Gus Dur baru setelahnya," kata Billy dalam keterangan tertulisnya, Senin (23/12/2019).

Dalam pandangan Billy, kehadiran sosok seperti Gus Dur sudah sangat urgen demi mempertahankan nilai-nilai pluralisme. Sebab menurutnya negeri ini membutuhkan sosok seperti Gus Dur sebagai pengayom keragaman Indonesia.

"Indonesia yang begitu sangat plural, begitu banyak potensi masalah membutuhkan pengayom. Membutuhkan orang-orang yang sanggup menyatukan perbedaan. Menempatkan suatu golongan dalam satu ikatan," jelasnya.

Billy mengajak seluruh pihak untuk turut serta berpartisipasi mengikuti lomba dan pameran tersebut. "Kami mengundang fotografer dan masyarakat umum yang memiliki karya foto Gus Dur semasa hidup untuk turut serta. Tentu saja dengan ketentuan yang berlaku," tuturnya.

Informasi keikutsertaan lomba dan pameran: 23 Desember 2019-5 Januari 2020Penyerahan foto paling lambat 5 Januari 2020. Pameran akan digelar Rabu, 8 Januari 2020 di kantor DPP PKB, Jl. Raden Saleh No. 9 Jakarta Pusat. File foto dikirim melalui email mediacenter@pkb.id.

Bentuk Foto, besar maksimal 3000 piksel dan 300 dpi. Disimpan dalam bentuk JPEG dengan kualitas tertinggi olah digital diperbolehkan sebatas mengubah brightness, contras, sharpening, level, curve dan cropping.

Disamping itu, setiap peserta wajib menyertakan keterangan foto (caption) sesuai materi foto yang dikirimkan. Tidak diperkenankan menyertakan watermark atau apapun sejenisnya 20 foto terbaik akan mendapatkan reward dan dipamerkan dalam kegiatan Pameran Foto; Satu Dekade Haul Gus Dur di kantor DPP PKB.

"Keputusan dewan juri bersifat final dan tidak bisa diganggu gugat Pameran foto Gus Dur akan digelar bersamaan dengan Diskusi Reboan dengan tema Gus Dur di Mata Pewarta Foto," ucapnya.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6082 seconds (0.1#10.140)