Pengamat: Berat bagi Hanura Tanpa Wiranto

Kamis, 19 Desember 2019 - 09:42 WIB
Pengamat: Berat bagi Hanura Tanpa Wiranto
Pengamat: Berat bagi Hanura Tanpa Wiranto
A A A
JAKARTA - Ketua Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres), Wiranto resmi mengumumkan diri mundur sebagai Dewan Pembina DPP Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura). Pengunduran diri itu didasari keinginan Wiranto yang ingin fokus sebagai Wantimpres. Di sisi lain, Wiranto juga menganggap Hanura sudah keluar jalur.

Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia, Adi Prayitno menilai, keberadaan Wiranto sebagai Dewan Pembina partai yang tak diundang dalam Munas mengonfirmasi bahwa Hanura yang kembali dipimpin Oesman Sapta Odang (OSO) itu ingin keluar dari pengaruh Wiranto.

Menurut Adi, hal ini lah yang memicu Wiranto mundur dari jabatan Dewan Pembina partai. "Langkah yang cukup berani. Berat bagi Hanura tanpa Wiranto," kata Adi saat dihubungi Sindonews, Kamis (19/12/2019).

Adi mengatakan, seharusnya Hanura tak bisa begitu saja melupakan peran Wiranto di partai tersebut. Mengingat, suka tidak suka, Hanura yang sempat mengirimkan kader-kadernya duduk di Senayan karena kontribusi Wiranto.

Sementara pada Pemilu 2019 lalu, Hanura harus absen mengirimkan wakilnya di Senayan, dan itu terjadi di saat OSO memimpin Hanura.

"Konflik akan membuat bargaining Hanura lemah secara politik. Sudah tak lolos senayan dan kekuatannya terbelah. Harus segera cari jalan tengah mengakhiri konflik," ujar Analis Politik asal UIN Jakarta itu.
(pur)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7605 seconds (0.1#10.140)