Bertemu Menhan Filipina, Prabowo Tawarkan Medium Tank Produksi PT Pindad

Senin, 18 November 2019 - 12:21 WIB
Bertemu Menhan Filipina, Prabowo Tawarkan Medium Tank Produksi PT Pindad
Bertemu Menhan Filipina, Prabowo Tawarkan Medium Tank Produksi PT Pindad
A A A
JAKARTA - Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto menawarkan produk-produk alat utama sistem senjata (alutsista) buatan industri pertahanan dalam negeri Indonesia kepada Filipina.

Adapun produk yang ditawarkan adalah medium tank buatan PT Pindad (Persero). Filipina pun mempertimbangkan untuk menerima tawaran tersebut.

Tawaran Menhan didasari atas ketertarikan Filipina untuk membeli produk-produk alutsista buatan industri pertahanan Indonesia yang disampaikan langsung oleh Menhan Filipina Delfin Negrillo Lorenzana pada saat bertemu Prabowo di sela-sela pertemuan ASEAN Defence Ministers Meeting (ADMM) Retreat and 6th ADMM Plus 2019, Sabtu 16 November 2019 di Bangkok, Thailand, seperti dikutip dari situs resmi Kemhan. (Baca Juga: Prabowo ke Malaysia dan Thailand, Fahri Hamzah: Bangun Kewibawaan)

Menhan Filipina memberikan apresiasi dan merasa puas dengan pembelian produk kapal perang jenis Strategic Sealift Vessel (SSV) yang dibuat oleh industri galangan kapal nasional Indonesia PT PAL Indonesia (Persero) Surabaya.

Pada pertemuan tersebut, juga membahas beberapa hal lainnya terkait kerja sama pertahanan kedua negara antara lain kerja sama pertukaran informasi intelijen, kerja sama pratoli bersama, hingga kerja sama peningkatan kemampuan personel militer kedua negara.

"Menhan mendukung semua upaya kerja sama dalam mengatasi ancaman bersama di kawasan yang dapat dilakukan oleh kedua negara baik melalui patroli laut, patroli udara, latihan bersama atau apapun bentuknya," tulis pernyataan pers Kemhan.

Menhan Filipina juga mengharapkan adanya kerja sama pertukaran informasi terkait dengan perkembangan radikalisme maupun pergerakan terrorisme yang berdapak terhadap keamanan.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9131 seconds (0.1#10.140)