Penuhi Elektoral 2024, PDIP Incar Pimpinan Komisi IV, VIII dan X DPR

Senin, 07 Oktober 2019 - 19:35 WIB
Penuhi Elektoral 2024,...
Penuhi Elektoral 2024, PDIP Incar Pimpinan Komisi IV, VIII dan X DPR
A A A
JAKARTA - Pimpinan DPR meminta seluru fraksi untuk melakukan rapat lobi terkait dengan jatah Pimpinan Komisi dan Alat Kelengkapan Dewan (AKD) di DPR. Terkait hal itu, PDIP mengincar 3 Komisi yang dinilai sesuai dengan kepentingan PDIP untuk Pemilu 2024 mendatang.

Tiga Komisi itu yakni, Komisi IV yang mengurusi pertanian, perikanan dan pangan; Komisi VIII yang mengurusi agama, sosial, perlindungan perempuan dan anak; dan Komisi X yang mengurusi pendidikan dan kebudayaan.

“Kalau kita bicara brainstorming maka 2024 itu pasti semua akan berorientasi pada elektoral kalau itu kekuatan partai elektoral maka komisi yang itu terkait dengan kementerian elektoral tentu akan menjadi favorit misalnya Komisi X, Komisi IV, Komisi VIII itu justru menjadi perhatian karena hal tersebut terkait dengan elektoral,” kata Sekretaris Fraksi PDIP di DPR Bambang Wuryanto di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Senin (7/10/2019).

Pria yang akrab disapa Pacul itu menjelaskan, karena ini baru brainstorming, maka belum tentu menjadi keputusan apakah PDIP akan mengambil ketiga Komisi tersebut. Karena, soal favorit atau tidaknya suatu Komisi dan AKD itu bergantung pada prioritas masing-masing fraksi.

“Makanya kan terfavorit dan tidak terfavorit tergantung dari aksentuasi atau skala prioritas dari fraksi yang masing-masing,” ujarnya.

Menurut dia, soal Pimpinan AKD dan Komisi itu tidak akan dipilih secara tergesa-gesa karena DPR baru bekerja efektif pada November. PDIP sendiri berdasarkan perolehan kursi mendapatkan 4 kursi Ketua dan 14 Wakil Ketua Komisi dan AKD.

“Ketuanya ada empat kalau proposional kan ini gampang ga ada ribut, PDIP ketuanya dapat empat wakil ketua dapat empat belas. Jadi kita nanti mengibahkan wakil ketua,” tuturnya.
(cip)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1559 seconds (0.1#10.140)