Penetapan Pemilihan Ketua dan Pelantikan Pimpinan MPR Nanti Malam

Kamis, 03 Oktober 2019 - 15:01 WIB
Penetapan Pemilihan Ketua dan Pelantikan Pimpinan MPR Nanti Malam
Penetapan Pemilihan Ketua dan Pelantikan Pimpinan MPR Nanti Malam
A A A
JAKARTA - Pimpinan MPR sementara bersama dengan pimpinan fraksi-fraksi dan juga Perwakilan DPD RI baru saja melakukan rapat gabungan sebelum melakukan pemilihan Ketua MPR. Namun, masing-masing fraksi dan juga DPD sudah mengirim nama yang diutus sebagai Pimpinan MPR periode 2019-2024

“Pendeknya rapat gabungan ini musyawarah mufakat. Di samping itu untuk menerima pendapat fraksi-fraksi dan fraksi-fraksi menyampaikan calonnya masing-masing. Nanti hasilnya itu dimusyawarahkan siapa yang dipilih akan jadi ketua. Itu aja,” ujar Ketua MPR sementara, Abdul Wahab Dalimunthe di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis (3/10/2019).

“Tapi taulah orang yang ngomong ini kan bisa lima menit. Jadi enggak ada apa-apa. Pendeknya enggak ada bertengkar-tengkar. Musyawarah mufakat dan damai-damai aja semua,” imbuh Wahab.

Wahab menjelaskan, pemilihan Ketua MPR akan berlangsung pada Rapat Paripurna nanti malam, disusul dengan pelantikan dan pembacaan sumpah dan janji 10 Pimpinan MPR.

“Penetapan pemilihan ketua dan pelantikan nanti malam,” terang Politikus Demokrat itu.

Dengan demikian, Wahab melanjutkan, sore ini akan ada musyawarah antar pimpinan fraksi guna menentukan mekanisme pemilihan. Jika sudah dicapai musyawarah mufakat maka malamnya hanya tinggal pengukuhan saja.

“Ya artinya musyawarah mufakat sehingga hasilnya nanti malam untuk pelantikannya,” jelasnya.

Wahab memastikan bahwa semuanya berlangsung secara sejuk dan tidak alot. Semuanya ingin agar hal ini bisa diselesaikan secara musyawarah mufakat.

“Enggak alot, enggak alot. Sejuk-sejuk saja. Pendek ya. Ikan sepat ikan gabus, makin cepat makin bagus. Okee?” ucapnya.

Adapun 10 nama Pimpinan MPR periode 2019-2024 yang sudah disampaikan yakni, Ahmad Basarah dari Fraksi PDIP, Bambang Soesatyo dari Fraksi Golkar, Ahmad Muzani dari Fraksi Gerindra, Jazilul Fawaid dari Fraksi PKB, Lestari Moerdijat dari Fraksi Nasdem, Syarief Hasan dari Fraksi Demokrat, Hidayat Nur Wahid dari Fraksi PKS, Zulkifli Hasan dari Fraksi PAN, Arsul Sani dari Fraksi PPP dan Fadel Muhammad dari kelompok DPD.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7275 seconds (0.1#10.140)