Puan Ajak Anggota DPR Jaga Kepercayaan Rakyat dengan Kerja Keras

Rabu, 02 Oktober 2019 - 05:12 WIB
Puan Ajak Anggota DPR Jaga Kepercayaan Rakyat dengan Kerja Keras
Puan Ajak Anggota DPR Jaga Kepercayaan Rakyat dengan Kerja Keras
A A A
JAKARTA - Puan Maharani resmi dilantik sebagai Ketua DPR Periode 2019-2024. Dalam pidatonya usai pelantikan di Gedung Nusantara II, Kompleks Parlemen, Senayan, Selasa malam, 1 Oktober 2019, Puan mengajak seluruh anggota DPR yang berjumlah 575 orang untuk menjaga kepercayaan masyarakat yang dititipkan melalui wakilnya di Senayan.

"Marilah kita jaga bersama kepercayaan yang telah diberikan rakyat tersebut melalui kerja keras, kerja cerdas, dan dedikasi yang tinggi dalam menjalankan fungsi dan peran DPR yang dapat memenuhi aspirasi dan harapan rakyat," tutur Puan. (Baca juga: Ditunjuk Jadi Ketua DPR, PDIP Sebut Puan Kaya Pengalaman)

Mantan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) ini mengatakan, dalam menjalankan fungsi-fungsi DPR harus tetap berjalan pada landasan utamanya yaitu Pancasila, UUD Negara Republik Indonesia 1945, NKRI, dan Bhineka Tunggal Ika, sehingga kepentingan nasional, bangsa dan negara yang diutamakan.

"Kekritisan kita, khususnya dalam mengimplementasikan prinsip demokrasi dan menjalankan mekanisme checks and balances haruslah selalu konstruktif, dan membangun peradaban demokrasi di Indonesia," paparnya. (Baca juga: Dilantik Jadi Ketua DPR, Puan Ingin Wujudkan Parlemen Modern dan Terbuka)

Dalam pidato yang berdurasi 10 menit tersebut, Puan juga mengajak seluruh anggota DPR periode 2019-2024 untuk saling bergotong royong dalam menjalankan tugas selama 5 tahun ke depan. (Baca juga: Dilantik Jadi Anggota DPR, Puan Maharani Mundur dari Menko PMK)

Politikus PDIP ini menuturkan, dengan kepemimpinan DPR yang bersifat kolektif kolegial, harus diwujudkan dengan membangun semangat kebersamaan, semangat kerja bersama, jiwa bergotong-royong. Semangat gotong royong dapat mengoptimalkan tugas dan fungsi DPR dengan mengkomunikasikan berbagai masukan, saran,dan dukungan dari segenap anggota DPR dari fraksi-fraksi, komisi-komisi, serta berbagai alat kelengkapan DPR lainnya.

“Hanya dengan semangat gotong royong dan niat pengabdian yang tulus dari semua Anggota DPR maka kita akan dapat menjalankan amanah sebagai wakil rakyat. Tugas ini merupakan sebuah amanah mulia yang menuntut tanggungjawab yang harus kita tunaikan bersama,” katanya. (Baca juga: Peluk Hangat Mega untuk Ketua DPR Baru, Puan Maharani)
(shf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8332 seconds (0.1#10.140)