Menhan Minta Generasi Muda Papua Jaga Keutuhan NKRI

Kamis, 12 September 2019 - 23:06 WIB
Menhan Minta Generasi Muda Papua Jaga Keutuhan NKRI
Menhan Minta Generasi Muda Papua Jaga Keutuhan NKRI
A A A
BALI - Menteri Pertahanan (Menhan) Ryamizard Ryacudu berharap generasi muda Papua banyak yang menjadi pemimpin di masa depan baik di level nasional maupun di tanah kelahirannya Papua.

Harapan tersebut disampaikan Ryamizard saat bertatap muka dengan anak – anak muda dari Papua yang mewakili Provinsi Papua dalam kegiatan Parade Cinta Tanah Air (PCTA) Tingkat Pusat 2019, di Denpasar, Bali, Kamis (12/9/2019).

”Saya bangga pada kalian semuanya, kalian adalah anak-anak saya, harapan bangsa ini, anak - anak Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Saya berharap kalian dikemudian hari menjadi pemimpin di level nasional pemerintah pusat, dan terutama pemimpin level daerah di Papua,” ucapnya.

Mantan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) ini berharap generasi muda Papua tetap setiap kepada NKRI, dan menjaga tetap utuh dari Sabang sampai Merauke. ”Indonesia harus tetap dari Sabang sampai Merauke, tidak boleh terpisah-pisah,” tegasnya.

Ryamizard juga menekankan untuk terus memiliki jatidiri yang berlandaskan Pancasila dan UUD 1945, serta menjaga keutuhan NKRI yang merupakan amanah.

“Kobarkan didada kalian jargon Pancasila dan NKRI harga mati, oleh karena itu pembukaan UUD 1945 harus dijaga dan tidak boleh dirubah sedikitpun, karena mengandung amanah dan nilai-nilai mulia khas bangsa Indonesia yang merupakan pondasi utama tetap utuh tegaknya NKRI kita tercinta,” ujarnya.

Mantan Pangkostrad ini menegaskan, generasi penerus bangsa harus mengerti bahwa kunci kemenangan dalam menghadapi persaingan global ini terletak pada kekuatan persatuan dan karakter bangsanya, serta menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi yang dilandasi kecintaannya terhadap Tanah Air, bangsa dan negaranya.

”Generasi muda Indonesia ke depan tidak hanya dituntut memiliki kecerdasan, keterampilan dan kompetitif semata, namun juga harus diimbangi dengan kualitas mental ideologi Pancasila yang kuat, berahlak mulia, cinta Tanah Air, berwawasan kebangsaan, berjiwa nasionalisme dan patriotisme,” kata Ryamizard.
(cip)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6287 seconds (0.1#10.140)