Ikatan Alumni Harvard Indonesia Kupas Sejumlah Permasalahan SDM

loading...
Ikatan Alumni Harvard Indonesia Kupas Sejumlah Permasalahan SDM
Ikatan Alumni Harvard Indonesia Kupas Sejumlah Permasalahan SDM
A+ A-
JAKARTA - Visi pemerintahan Joko Widodo (Jokowi) di periode kedua adalah menciptakan sumber daya manusia (SDM) unggul untuk mendukung Indonesia maju. Karena itu, salah satu pekerjaan rumah untuk menciptakan SDM-SDM unggul Indonesia adalah pembenahan sektor kesehatan.

Dalam merespons permasalahan ini, Harvard Club Indonesia (HCI), sebuah platform think-tank yang beranggotakan alumni-alumni Universitas Harvard di Indonesia, menyelenggarakan sebuah diskusi untuk mengupas berbagai tantangan dan pendekatan untuk membenahi sektor kesehatan Indonesia.

Presiden Harvard Club Indonesia, yang saat ini juga menjabat sebagai Wakil Ketua Umum Kamar Dagang & Industri (KADIN) Indonesia Bidang Hukum dan Regulasi, Melli Darsa mengatakan, diskusi ini adalah bagian dari serangkaian acara yang rutin diadakan oleh HCI.

"HCI ingin berkontribusi kepada Indonesia melalui sumbangan pikiran, masukan, dan kritik membangun sehingga dapat menjadi mitra pemerintah untuk menghasilkan gagasan yang baik demi kemajuan Indonesia," kata Melli Darsa di Gedung Nusantara DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (10/9/2019).



Untuk diketahui, ada tiga aspek yang harus dibenahi dalam sektor kesehatan, yaitu pertama aspek ketersediaan dan kualitas SDM dunia kesehatan, sedangkan kedua adalah masalah kualitas kesehatan masyarakat itu sendiri, dan ketiga adalah mengenai keberlangsungan dan jaminan mutu jaminan sosial kesehatan yang harus disediakan oleh pemerintah.

Kegiatan yang diadakan bertepatan dengan Hari Pencegahan Bunuh Diri Sedunia ini, mengupas berbagai tantangan sektor kesehatan dari berbagai aspek. Mulai dari masalah pendanaan, kesehatan jasmani, mental, dan berbagai isu kesehatan masyarakat.

Melli mengatakan, beberapa waktu yang lalu HCI menggelar diskusi terkait Ibu Kota Baru bersama Bappenas. Hari ini HCI bekerjasama dengan DPR-RI memilih topik kesehatan untuk menggali lebih dalam potensi dan tantangan sektor kesehatan yang akan dihadapi pemerintahan Jokowi periode dua,



"HCI yakin, seperti halnya seluruh peserta disini, bahwa kesehatan adalah prasyarat untuk menghasilkan manusia-manusia unggul Indonesia dan berdaya saing global," ucap Melli.
halaman ke-1 dari 3
TULIS KOMENTAR ANDA!
preload video
Top