MNC Peduli-SMC RS Telogorejo Gelar Operasi Hernia dan Katarak Gratis

Selasa, 10 September 2019 - 14:52 WIB
MNC Peduli-SMC RS Telogorejo Gelar Operasi Hernia dan Katarak Gratis
MNC Peduli-SMC RS Telogorejo Gelar Operasi Hernia dan Katarak Gratis
A A A
JAKARTA - MNC Peduli melalui Yayasan Jalinan Kasih melanjutkan kepedulian dalam bidang kesehatan dengan kembali menggelar kegiatan operasi gratis hernia dan katarak kepada masyarakat prasejahtera.

Bekerja sama dengan Semarang Medical Center Rumah Sakit (SMC RS) Telogorejo, kegiatan operasi kali ini ditujukan bagi warga Semarang dan sekitarnya.

Peserta operasi tidak hanya berasal dari Semarang, melainkan juga dari kabupaten sekitarnya seperti Jepara, Demak, Kendal, Grobogan, Pekalongan dan Boyolali. Adapun target peserta hingga Desember 2019 sebanyak 100 pasien Hernia dan 150 pasien katarak.

Pasien hernia yang sudah berhasil dioperasi hingga September 2019 sebanyak 54 orang dari usia umur anak-anak hingga dewasa. Adapun dalam kegiatan hari ini direncanakan akan dioperasi sebanyak lima orang pasien hernia. Sedangkan untuk pasien katarak akan dimulai operasi pada pelaksanaan hari ini sejumlah 10 orang pasien.

Pelaksanaan operasi hernia dan katarak akan dilakukan tim dokter SMC RS Telogorejo secara bertahap hingga target peserta terpenuhi sampai dengan akhir tahun 2019.

Selain di Semarang, kegiatan sejenis juga akan dilakukan di Kebumen, Lampung dan beberapa kabupaten di Jawa Timur. Hingga awal September 2019, jumlah penerima bantuan kesehatan dari MNC Peduli melalui Yayasan Jalinan Kasih adalah sekitar 700.000 pasien.

MNC Peduli bekerja sama dengan Yayasan Rumah Sakit Telogorejo dan RS Telogorejo untuk melakukan kegiatan operasi katarak dan operasi hernia. Kegiatan ini sudah kesekian kali kita lakukan," kata Ketua MNC Peduli, Syafril Nasution, Senin (9/9/2019).

"Untuk kali ini (target pasien-red) hernia itu terjadi kita 100 pasien dan katarak 150 pasien, tapi bukan berarti tertutup sampai di situ akan kita evaluasi bersama dengan rumah sakit bila masih ada pasien pasien khususnya dari Jawa Tengah perlu ditambah akan kita bicarakan dengan pihak Rumah Sakit Telogorejo dan Yayasan Telogorejo," tuturnya.

"Kegiatan ini tidak hanya di Semarang, seperti hari ini saya dari sini (Semarang) langsung ke Gombong, karena kita juga akan lakukan kegiatan yang sama Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Gombong. Jumlah pasien hampir sama dan juga Kegiatan ini tidak hanya di Jawa Tengah jika kita lakukan di Jawa Barat Jawa Timur Sumatera dan sebelumnya ada sampai NTT. Jadi tidak hanya di Jawa Tengah," tambahnya.

Salah seorang pasien asal Demak, Abdul Gaffar (71) mengaku bersyukur mendapat kesempatan operasi katarak gratis. Sebab, selama beberapa tahun terakhir pandangannya semakin berkurang hingga menghambat aktivitas sehari-hari.

"Sangat senang karena dengan operasi ini bisa mendapatkan kesembuhan sehingga kami dapat menikmati lagi terangnya dunia ini. Dapat membaca dengan jelas baik itu buku-buku bacaan majalah ataupun surat kabar," kata Gaffar.

dr Natalia Susanto Mkes selaku Direktur Rawat Jalan SMC RS Telogorejo mengungkapkan acara bakti sosial yang merupakan sinergi SMC RS Telogorejo dengan MNC Peduli tentunya sangat bermanfaat bagi masyarakat sekitar di kota Semarang.

“Seperti kita ketahui bahwa kehidupan semakin mahal, kesehatan juga semakin mahal sehingga dengan adanya CSR ini sangat membantu masyarakat di kota Semarang pada umumnya.” ungkap dr. Natalia.

Dia mengungkapkan sebenarnya kerja sama ini sudah berjalan cukup lama jadi tidak hanya satu tahun tapi sudah dari tahun 2006. Dia sangat mengharapkan MNC Peduli juga bisa mengembangkan pelayanan yang lebih lagi. Kerja sama lebih baik lagi dengan Telogorejo.

"Dalam hal ini karena telogorejo punya program unggulan epilepsi dan juga jantung. Saya sangat mengharapkan sekali bisa menjalinpelayanan kesehatan yang lebih lagi dengan MNC Peduli” ujar dr Natalia.

Dia mengucapkan terima kasih kepada MNC Peduli dalam hal ini Yayasan Jalinan Kasih yang sangat mendukung acara bhakti sosial pada kesempatan kali ini.

"Saya harapkan kita dapat menjalin kerjasama untuk program berikutnya yang tentunya sangat membantu untuk masyarkat kota Semarang” tambah dr. Natalia.

Bagi masyarakat yang ingin turut berpartisipasi dalam kegiatan sosial kesehatan lainnya melalui MNC Peduli dapat menyalurkan dana ke rekening bank Atas Nama : Yayasan Jalinan Kasih melalui : MNC BANK 100-01-00000-9851-5, MANDIRI 103-00099-0000-8, BRI 0206-01-005001-30-8, BCA 681-5088-119.

Bagi yang ingin mengajukan permohonan bantuan pengobatan dapat menghubungi nomor telepon : 021-3909-103 atau membuka Fanspage di Facebook dengan akun "Yayasan Jalinan Kasih".
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3146 seconds (0.1#10.140)