Bisa untuk Belanja Online, Program Smart SIM Didukung Bank BNI

Selasa, 27 Agustus 2019 - 14:14 WIB
Bisa untuk Belanja Online, Program Smart SIM Didukung Bank BNI
Bisa untuk Belanja Online, Program Smart SIM Didukung Bank BNI
A A A
Korlantas Polri menggandeng Bank BNI untuk mendukung program Smart SIM. Melalui kartu ini, pengendara semakin dipermudah membayar tilang hingga belanja online.

“Kalau kita gunakan uang elektronik itu namanya tap cash,” kata Kakorlantas Polri Irjen Pol Refdi Andri di Bidakara Hotel, Jakarta Selatan, Selasa (27/8/2019).

Penggunaan e-money dalam Smart SIM telah mendapat persetujuan dari Bank Indonesia (BI). Program Smart SIM ini akan diluncurkan pada 22 September.

Selain bisa belanja online, pemilik Smart SIM juga akan diberikan penghargaan dalam periode tertentu bila tidak melanggar lalu lintas saat berkendara. “Kemudian kita bisa melakukan penghargaan terhadap pemegang SIM yang gak melakukan pelanggaran. Jadi ada reward dan punishment. Yang betul secara elektronik kita bisa lakukan penilangan,” ujar Refdi.

Untuk mendapatkan Smart SIM, masyarakat cukup dengan memperpanjang masa berlaku SIM yang lama. Masa berlaku Smart SIM sama dengan SIM biasa yakni 5 tahun.

Refdi mengungkapkan, tampilan Smart SIM akan berbeda dengan SIM manual. Smart SIM ini diharapkan bisa memperketat pengawasan pada pelanggaran lalu lintas.
“Apa pelanggaran ringan sedang berat, atau pernah mengalami kecelakaan lalu lintas, dan lain lain semua terdata. Juga pada sistem kita itu. Ini ada manfaat. Kita bisa melakukan evaluasi secara lebih baik tenyang prilaku pengemudi,” ujarnya.
(poe)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3593 seconds (0.1#10.140)