Masjidilharam Padat, Menag Lukman Hakim Salat di Jalan

Jum'at, 16 Agustus 2019 - 21:54 WIB
Masjidilharam Padat, Menag Lukman Hakim Salat di Jalan
Masjidilharam Padat, Menag Lukman Hakim Salat di Jalan
A A A
MEKKAH - Kondisi Masjidilharam sangat padat hari ini. Sebagian besar jamaah haji yang masih bertahan di Kota Mekkah setelah menyelesaikan nafar tsani, Rabu (14/8/2019), berbondong-bondong ke Baitullah untuk melaksanakan salat Jumat.

Tak ketinggalan Menteri Agama (Menag) sekaligus Amirul Hajj, Lukman Hakim Saifuddin. Namun karena kondisi tidak memungkinkan, Menag tak bisa masuk ke dalam Masjidilharam dan salat di jalan.

"Saya juga salat di jalan karena memang sudah tidak mungkin lagi masuk ke dalam masjid. Setelah nafar tsani, ini adalah Jumat pertama. Sebagian besar jamaah haji dunia masih berada di Mekkah," kata Menag usai salat Jumat di kompleks terminal Syieb Amir kepada tim Media Center Haji (MCH), Jumat (16/8/2019).

Menag sengaja salat Jumat di Masjidilharam sekaligus mengecek terminal angkutan di sekitarnya. Salah satunya adalah terminal Syieb Amir yang paling banyak didatangi bus salawat, sarana angkutan gratis bagi jamaah haji Indonesia dari hotel ke Masjidilharam (PP). Ada 9 rute dilayani bus salawat dan sebagian besar mengarah ke Terminal Syieb Amir.

"Meskipun padat begini, Alhamdulillah jamaah cukup senang tidak ada yang dehidrasi atau pingsan," kata Menag.

Dalam kesempatan itu, Menag mengimbau kepada jamaah haji gelombang satu untuk mempersiapkan diri untuk pulang ke Tanah Air. Pemulangan jamaah haji akan berlangsung mulai Sabtu (17/8/2019) pagi.

"Jangan terlalu banyak membawa barang, jangan masukkan air zamzam ke dalam koper bagasi karena pasti akan ketahuan dan akan dibongkar," katanya.

Sementara itu, pulangnya Menag naik bus salawat dari terminal Syieb Amir menuju Kantor Daerah Kerja (Daker) Mekkah, tempatnya menginap selama berada di Tanah Suci.
(pur)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7800 seconds (0.1#10.140)