Fahri Hamzah Tegaskan Kunker DPR untuk Diplomasi Parlemen

Jum'at, 16 Agustus 2019 - 15:03 WIB
Fahri Hamzah Tegaskan Kunker DPR untuk Diplomasi Parlemen
Fahri Hamzah Tegaskan Kunker DPR untuk Diplomasi Parlemen
A A A
JAKARTA - Wakil Ketua DPR Koordinator Kesejahteraan Rakyat (Korkesra) Fahri Hamzah menjawab soal sindiran Presiden Joko Widodo (Jokowi) soal kunjungan kerja (Kunker) luar negeri. Fahri menegaskan bahwa kunker luar negeri DPR untuk menjalankan fungsi diplomasi, bukan studi banding seperti eksekutif.

“Saya kira itu singgungan kepada eksekutif lebih banyak ya. Sebab, kalau DPR itu kan fungsinya fungsi politik diplomasi. Kalau eksekutif itu kan studi banding, kalau DPR berdiplomasi. Jadi saya kira beda fungsi,” ujar Fahri di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Jumat (16/8/2019).

Fahri menjelaskan, lobi-lobi internasional itu dilakukan juga oleh lembaga politik seperti DPR. Sementara, pemerintah melakukan kunker luar negeri untuk pelajaran teknis yang menurutnya bisa didapat lewat smartphone.

“Saya setuju itu pelajaran teknis itu, saya setuju itu pelajaran teknis itu ada banyak di handphone, enggak perlu ke luar negeri,” ucapnya.

Karena itu, menurut Fahri, pidato Jokowi itu banyak menegur jajaran eksekutif karena beberapa kali Jokowi menekankan harus cepat sementara eksekutif cenderung lambat.

“Presiden bilang kita harus cepat kita harus cepat, tapi ada peradaan orang kita lamban, loh itu bukan adressnya kepada rakyat, kepada kabinet. Harusnya ini yang kaget ini kabinet. Karena kabinetnya yang dikritik oleh Pak Jokowi tadi. Lebih banyak itu saya lihat,” tandasnya.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6753 seconds (0.1#10.140)