Jalan-jalan Hemat Keliling Indonesia dengan 6 Trik Ini

Selasa, 06 Agustus 2019 - 07:01 WIB
Jalan-jalan Hemat Keliling Indonesia dengan 6 Trik Ini
Jalan-jalan Hemat Keliling Indonesia dengan 6 Trik Ini
A A A
JAKARTA - Tersebar dari wilayah Sabang sampai Merauke, Indonesia punya daya tarik wisata yang begitu besar. Tentu saja, hal ini wajib membuat kita merasa bangga dengan kekayaan alam yang ada. Tidak hanya menarik turis lokal, ragam destinasi wisata Indonesia juga menjadi populer di kalangan masyarakat dunia. Sayangnya, untuk berkeliling Indonesia, Anda membutuhkan waktu dan biaya yang tidak sedikit.

Jangan khawatir, beberapa tips ini bisa diterapkan agar Anda bisa jalan-jalan hemat keliling Indonesia. Anda juga bisa mengatur waktu cuti dengan baik tanpa perlu resign dari kantor. Bagaimana caranya? Yuk, cari tahu!

Mengatur jadwal dengan baik


Satu hal yang wajib diingat, yaitu jangan mengambil jatah cuti saat tidak ada rencana liburan. Sebaliknya, gunakan jatah cuti dengan sebaik-baiknya untuk mendapatkan liburan yang menyenangkan. Namun demikian, disarankan agar tidak mengambil cuti tambahan di perayaan hari besar.

Berburu tiket perjalanan jauh hari


Beberapa maskapai penerbangan akan memberikan diskon potongan harga atau penawaran menarik di waktu-waktu tertentu. Oleh karena itu, sebaiknya melakukan perburuan tiket perjalanan sejak jauh-jauh hari. Bisa memanfaatkan aplikasi Traveloka untuk mendapatkan informasi terkait harga dan jadwal keberangkatan sesuai dengan destinasi yang dituju.
Jalan-jalan Hemat Keliling Indonesia dengan 6 Trik Ini

Pesona Raja Ampat di Papua Barat
Ada banyak jenis maskapai, rute penerbangan, waktu perjalanan, juga range harga yang bisa Anda tentukan sendiri. Apabila ada pilihan tiket perjalanan yang sesuai, maka pemberitahuan pun akan langsung diberikan. Informasi lebih lanjut tentang ketersediaan rute penerbangan ke seluruh Indonesia bisa cek di sini .

Pertimbangkan perjalanan malam


Agar bisa lebih menghemat biaya menginap, Anda juga perlu mempertimbangkan perjalanan malam. Saat memulai perjalanan di malam hari, maka Anda bisa melewati waktu tidur di dalam pesawat, kereta api, maupun bus malam. Hal ini penting dipertimbangkan terlebih ketika Anda akan melakukan perjalanan jauh. Perjalanan di malam hari melalui jalur darat juga bisa mencegah kemungkinan kemacetan.

Utamakan objek wisata gratis


Jalan-jalan keliling Indonesia semakin hemat ketika Anda bisa mengunjungi objek-objek wisata gratis. Inilah sebabnya Anda disarankan untuk melakukan riset terlebih dulu sebelum berlibur. Tujuannya agar bisa menemukan destinasi-destinasi menarik yang bisa dikunjungi tanpa dipungut biaya. Beberapa objek wisata alam di Indonesia masih bisa Anda kunjungi secara cuma-cuma. Dengan begitu, budget liburan yang ada bisa digunakan untuk kebutuhan lainnya.

Memperluas jaringan pertemanan


Di era digital seperti saat ini, Anda bisa dengan mudah memperluas jaringan pertemanan. Meski terlihat sepele, memiliki banyak teman di seluruh penjuru nusantara memberi banyak manfaat. Terutama jika Anda sudah berencana untuk mengelilingi Indonesia. Berbekal ikatan pertemanan ini, Anda bisa mendapat bantuan local guide, transportasi selama berlibur, dan jika memungkinkan penginapan gratis pun bisa didapatkan.

Manfaatkan open trip


Satu lagi cara yang bisa dilakukan untuk keliling Indonesia dengan hemat, yaitu memanfaatkan kegiatan open trip. Cara ini cocok dilakukan bagi wisatawan yang masih minim informasi mengenai transportasi, akomodasi, dan amenitas di destinasi tujuan. Berlibur dengan open trip artinya akan mengunjungi destinasi tertentu baik perorangan maupun beregu, dengan paket wisata yang sudah disediakan oleh penyedia jasa layanan open trip. Biaya yang ditetapkan pun relatif lebih murah dibandingkan jika melakukan perjalanan pribadi.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1117 seconds (0.1#10.140)