Jelang Wukuf, Menag Minta Jamaah Jaga Kesehatan

Kamis, 01 Agustus 2019 - 19:52 WIB
Jelang Wukuf, Menag Minta Jamaah Jaga Kesehatan
Jelang Wukuf, Menag Minta Jamaah Jaga Kesehatan
A A A
MEKKAH - Amirul Hajj 2019, Lukman Hakim Saifuddin kembali mengimbau kepada jamaah haji Indonesia untuk menjaga kesehatan menjelang wukuf di Arafah. Jamaah harus benar-benar mempersiapkan diri agar dalam melaksanakan rukun haji lancar.

"Saya mengimbau kepada jamaah haji Indonesia untuk tidak terlalu memforsir ibadah umrah dan lain sebagainya, karena kita harus benar-benar mempersiapkan diri untuk wukuf, karena puncak haji adalah wukuf di Arafah," kata Lukman Hakim seusai melaksanakan umrah wajib bersama rombongan delegasi Amirul Hajj 2019 di Masjidil Haram, Mekkah, Arab Saudi, kemarin.

Amirul Hajj bersama delegasi telah tiba di Arab Saudi pada Selasa, 30 Juli 2019 sore. Rombongan yang berjumlah 13 orang tersebut menginap satu malam di Kota Madinah dan baru bergerak sampai ke Mekkah pada Kamis (1/8/2019) dini hari 02.10 WAS.

Hingga saat ini masih banyak jamaah haji Indonesia yang berupaya memaksimalkan kesempatan beribadah di Masjidil Haram. Padahal kondisi Baitullah saat ini sudah sangat padat dengan jamaah haji dari seluruh dunia. Bahkan ada yang berkali-kali umrah tanpa memedulikan kondisi tubuhnya. Akibatnya, banyak jamaah haji sakit ditemukan petugas di Masjidil Haram.

Delegasi Amirul Hajj sendiri turut merasakan betapa berdesakannya Masjidil Haram ketika mereka melakukan umrah wajib. Agar efektif dan tidak terpisah saat tawaf, rombongan dibagi dua yang dikawal oleh personel Perlindungan Jamaah (Linjam). Rombongan Amirul Hajj baru bisa menyelesaikan tawaf, mengelilingi Kakbah sebanyak 7 kali, dalam waktu sekitar 1 jam.

Rombongan lalu salat sunat tawaf dan dilanjutkan dengan minum air zamzam. Setelah istirahat sejenak, rombongan Amirul Hajj lalu melaksanakan sa'i, lari-lari kecil dari bukit Safa ke Marwa dan sebaliknya. Seusai menyelesaikan sa'i, mereka lalu melakukan tahallul, potong rambut.

Amirul Hajj mengingatkan jamaah haji untuk mengukur kemampuan diri sendiri dalam melaksanakan ibadah. Jangan memaksakan diri untuk terus beribadah.

"Jaga kesehatan dengan baik, makan yang cukup, istirahat yang cukup, agar stamina kita bisa terjaga dengan baik, sehingga pada saat puncaknya nanti, wukuf kemudian mabit di muzdalifah di Mina bisa dilakukan dengan sempurna," ujarnya.

Pada kesempatan itu, Amirul Hajj juga berdoa agar pelaksanaan ibadah haji tahun ini aman, tertib, dan lancar. Sehingga seluruh jamaah haji bisa menunaikan rukun, wajib, dan sunah hajinya dengan baik. "Dan kita berharap kualitas penyelenggaraan haji tahun ini adalah penyelenggaraan haji yang terbaik dibanding tahun-tahun sebelumnya," katanya.

Amirul Hajj 2019, Lukman Hakim Saifuddin bersama delegasi Amirul Hajj melaksanakan umrah wajib, dini hari kemarin. Foto /MCH/Bahauddin Raja Baso
(cip)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7320 seconds (0.1#10.140)