Jelang Puncak Haji, 54 Petugas Tambahan Tiba di Arab Saudi

Selasa, 30 Juli 2019 - 04:10 WIB
Jelang Puncak Haji, 54 Petugas Tambahan Tiba di Arab Saudi
Jelang Puncak Haji, 54 Petugas Tambahan Tiba di Arab Saudi
A A A
JEDDAH - Sebanyak 54 petugas haji tambahan tiba Bandara King Abdul Aziz Jeddah, Arab Saudi, Senin (29/7/2019) sore. Tenaga tambahan ini akan ditugaskan membantu operasional haji di Tanah Suci.

Kedatangan petugas tambahan ini disambut Direktur Jenderal (Dirjen) Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kementerian Agama (Kemenag), Nizar Ali didampingi Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Endang Jumali, dan Kepala Daerah Kerja (Daker) Bandara Jeddah-Madinah, Arsyad Hidayat.

Menurut Nizar, untuk sementara waktu, 54 petugas tambahan akan ditempatkan di Kota Mekkah sebagai persiapan jelang wukuf di Arofah. "Pascahaji akan kita deploi (tempatkan) di Mekkah dan Madinah, sehingga nanti paling tidak membantu jamaah haji di Mekkah maupun di Madinah, sehingga bisa optimal," katanya.

Petugas tambahan itu, kata Nizar, berasal dari berbagai instansi seperti, Polri, perguruan tinggi, organisasi kemasyarakatan (ormas), dan Kementerian Agama.

Ada dua, dari pelayanan umum, akomodasi, konsumsi, kemudian ada satu pinjam dan ada administrasi, jadi semuanya dari berbagai instansi, ada dari polri, perguruan tinggi, ada dari ormas, ada dari lingkungan kementerian agama sendiri.

Ketua rombongan petugas tambahan, Muhammad Mukmin Timoro mengatakan, dia bersama rekan-rekannya telah mengikuti training dan briefing oleh Sekretaris Ditjen PHU Ramadan Harisman dan Direktur Bina Haji Khoirizi sebelum diberangkatkan ke Arab Saudi.

"Petugas tambahan diharapkan bisa membantu jamaah dalam melaksanakan ibadah haji," katanya.

Masa tugas dan penempatan petugas tambahan berbeda-beda. Ada yang 42 hari, 45 hari, dan 50 hari di Daker Mekkah dan Madinah.
(cip)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7509 seconds (0.1#10.140)
pixels