Kapal Cepat Rudal Kerambit-627 Perkuat Alutsista TNI AL

Kamis, 25 Juli 2019 - 20:06 WIB
Kapal Cepat Rudal Kerambit-627 Perkuat Alutsista TNI AL
Kapal Cepat Rudal Kerambit-627 Perkuat Alutsista TNI AL
A A A
SURABAYA - Armada tempur TNI AL semakin kuat dengan hadirnya Kapal Cepat Rudal (KCR). Kapal perang buatan PT PAL Indonesia yang diberi nama KRI Kerambit-627 ini akan menjaga perairan di wilayah barat Indonesia.

Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu mengatakan, penyerahan KRI Kerambit-627 merupakan bagian dari konsep pembangunan kekuatan pertahanan dalam strategi pertahanan negara menuju kemandirian industri pertahanan.

“Kehadiran kapal KCR ini diharapkan dapat memperkuat kemampuan jajaran TNI AL sebagai komponen utama dalam konsep sistem pertahanan rakyat semesta yang memiliki tanggung jawab besar menjaga kedaulatan, keutuhan dan kewibawaan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),” ujarnya di Dermaga Divisi kapal PT PAL Indonesia, Ujung Koarmada II, Surabaya, Jawa Timur, Kamis (25/7/2019).

Mantan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) menyebut, dengan diserahterimakannya KRI Kerambit-627 maka kekuatan alutsista TNI AL, khususnya di bawah Komando Armada I yang beroperasi di perairan wilayah barat Indonesia semakin kuat.

”KRI Kerambit-627 ini, dapat lebih meningkatkan efek gentar kekuatan daya tempur relatif pertahahan Indonesia yang tentunya akan diperhitungkan di dalam meningkatkan parameter kekuatan pertahanan kawasan maupun dunia”, tambahnya.

KRI Kerambit-627 memiliki spesifikasi panjang 60 meter, lebar 8,10 meter, dengan berat 500 ton. Kapal tersebut memiliki kecepatan maksimal 28 knots, dengan kecepatan jelajah 20 knots, serta mampu berlayar dengan endurance selama 4 hingga 5 hari.

”Sebelumnya, TNI AL telah menerima tiga unit KCR-60M, yakni KRI Sampari-628, KRI Tombak-629 dan KRI Halasan-630. Nama Kerambit diambil dari senjata tradisional Minangkabau yang dinobatkan sebagai senjata yang paling mematikan di dunia,” ujar Kepala Dinas Penerangan Angkatan Laut (Kadispenal) Laksamana Pertama M. Zaenal.

Penyerahan KRI Kerambit ini ditandai dengan serah terima dan pengukuhan Komandan KRI Kerambit -627 Letkol Laut (P) Arief Kurniawan Hertanto oleh Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Siwi Sukma Adji.
(cip)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7312 seconds (0.1#10.140)