Pertemuan Empat Petinggi Parpol Isyaratkan Ada Koalisi dalam Koalisi

Selasa, 23 Juli 2019 - 15:07 WIB
Pertemuan Empat Petinggi Parpol Isyaratkan Ada Koalisi dalam Koalisi
Pertemuan Empat Petinggi Parpol Isyaratkan Ada Koalisi dalam Koalisi
A A A
JAKARTA - Pertemuan empat ketua umum partai politik pengusung Jokowi-Ma'ruf Amin di Kantor DPP Partai Nasdem, Jakarta, Senin 22 Juli 2019 dinilai tidak sekadar untuk menyolidkan koalisi.

Pertemuan yang dihadiri Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, Pelaksana Tugas Ketua Umum PPP Suharso Monoarfa itu diyakini membicarakan tentang situasi politik kekinian.

"Pasti bicara soal situasi politik mutakhir, seperti komposisi kabinet, Ketua MPR, dan kemungkinan parpol pengusung prabowo diperbolehkan merapat atau tidak ke Jokowi," tutur Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia, Adi Prayitno kepada SINDOnews, Selasa (23/7/2019).

Mengenai tema pertemuan yang mengusung semangat soliditas koalisi, Adi menilai tema itu mengandung pesan agar anggota koalisi pengusung Jokowi-Ma'ruf tidak membuat koalisi baru.

"Jangan sampai ada koalisi dalam koalisi karena bikin kebijakan sendiri tanpa koordinasi dengan partai lainnya. Terutama menyangkut kebijakan merangkul kubu Prabowo ke jokowi," tuturnya. (Baca juga: Kumpul di Kantor Surya Paloh, Para Petinggi Parpol Bantah Rebutan Kursi )

Tentang tidak adanya perwakilan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dalam pertemuan tersebut, Adi menilai bisa jadi pertemuan itu untuk memberi pesan kepada partai yang dipimpin Megawati tersebut.

"Apakah sinyal pesan 'soliditas internal' itu ditujukan ke PDIP atau tidak, itu wallahu a'lam biar waktu yang menjawabnya," kata pengamat asal Universitas Islam Negeri Jakarta itu.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7022 seconds (0.1#10.140)