Tim Hukum Prabowo-Sandi Beberkan Langkah Hukum Lanjutan ke MA

loading...
Tim Hukum Prabowo-Sandi Beberkan Langkah Hukum Lanjutan ke MA
Tim Hukum Prabowo-Sandi Beberkan Langkah Hukum Lanjutan ke MA
A+ A-
JAKARTA - Kuasa hukum Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Nicholay Aprilindo menjelaskan permohonan pelanggaran administratif pemilu yang terstruktur, sistematis dan masif (TSM) yang telah diajukan pihaknya ke Mahkamah Agung (MA).

Nicholay mengatakan, permohonan pelanggaran administratif pemilu (PAP) pada Pilpres 2019 yang pertama kepada MA bernomor 1 P/PAP/2019 yang diajukan tanggal 31 Mei 2019.

Dia melanjutkan, MA pun menyatakan permohonan tidak diterima NO (Niet Ontvankelijk Verklaard) dikarenakan adanya cacat formil, yaitu kedudukan hukum atau legal standing dari pemohon terdahulu Djoko Santoso dan Ahmad Hanafi Rais

Dia menerangkan, putusan MA pada permohonan Nomor 1 P/PAP/2019 bukan ditolak seperti yang selama ini beredar dalam pemberitaan.



Namun permohonan tersebut, kata dia, NO atau tidak diterima, dikarenakan adanya cacat formil dan atau kekurangan syarat formil secara yuridis yaitu masalah legal standing pemohon.

"Setelah legal standing pemohon dilengkapi dan atau diubah dengan surat kuasa dari prinsipal secara langsung dalam hal ini capres-cawapres nomor urut 02 Prabowo-Sandi, maka Permohonan dapat diajukan kembali," ujarnya dalam keterangan tertulisnya kepada SINDOnews, Kamis (11/7/2019).

Dia melanjutkan, permohonan PAP kedua yang telah diterima dan teregister pada Kepaniteraan Mahkamah Agung pada tanggal 3 Juli 2019.



Permohonan itu berdasarkan surat kuasa langsung dari prinsipal yang ditandatangani oleh Prabowo-Sandi dengan memberikan kuasa khusus kepada Nicholay Aprilindo dan Hidayat Bostam dalam kapasitasnya sebagai advokat dan konsultan hukum, seperti tertuang didalam Surat Kuasa Nomor 01/P-S/V/2019 tertanggal 27 Juni 2019 yang ditanda tangani secara langsung Prabowo-Sandi diatas materai Rp.6000 dan disaksikan HashimDjojohadikusumo selaku Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra.
halaman ke-1 dari 3
TULIS KOMENTAR ANDA!
preload video
Top