Megawati: Anak Muda di Kabinet Harus Bisa Bekerja

Rabu, 10 Juli 2019 - 21:37 WIB
Megawati: Anak Muda di Kabinet Harus Bisa Bekerja
Megawati: Anak Muda di Kabinet Harus Bisa Bekerja
A A A
JAKARTA - Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri menyampaikan pandangannya terkait anak muda yang ingin masuk menjadi menteri di kabinet Jokowi-KH Ma'ruf Amin.

"Bisa saja anak muda mengisi pos menteri, namun dia harus dipastikan bisa bekerja. Begitupun yang berusia tua namun berpengalaman dan bisa bekerja, tak seharusnya ditolak," kata Megawati di sela-sela kunjungannya ke Beijing, Tiongkok, Rabu (10/7/2019).

Di era Presiden Soekarno memang ada anak muda yang menjadi menteri. Namun yang bersangkutan dianggap pintar dan menguasai masalah. "Ini yang saya lihat kelemahan kita dewasa ini. Orang disodor-sodorkan, tapi tidak mengerti secara praktis tata pemerintahan," ujarnya.

Megawati mengatakan, seseorang yang disarankan masuk kabinet minimal tahu soal DPR. Sebab di situlah tempat membuat undang-undang, bertemu dan mengawasi mitra kerja hingga memutuskan RUU bersama Pemerintah. Megawati memberikan gambaran dirinya masuk pemerintahan karena sudah memiliki pengalaman di DPR dalam membuat perundangan.

"Kalau tidak tahu proses bikin perundangan, bagaimana? Saya suka bilang, (jadi menteri, red) memang mau mejeng saja? Saya tidak akan menyebut nama. Kita lihat, mereka-mereka yang tidak punya latar belakang di dalam proses menjalankan tata pemerintahan di republik ini, dia fail. Karena dia akan bingung sebenarnya dia mau bikin apa. Perundang-undangan nggak hapal," ujar Megawati.

Untuk itu, Presiden kelima RI itu menegaskan, kalau ada anak muda yang ingin menjadi menteri seperti wacana yang beredar saat ini, sebaiknya menyiapkan dirinya dengan baik.
(cip)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6099 seconds (0.1#10.140)