PDIP: Membumikan Pancasila Jadi Tantangan Kabinet Jokowi-Ma'ruf

Sabtu, 06 Juli 2019 - 14:54 WIB
PDIP: Membumikan Pancasila Jadi Tantangan Kabinet Jokowi-Ma\ruf
PDIP: Membumikan Pancasila Jadi Tantangan Kabinet Jokowi-Ma'ruf
A A A
JAKARTA - Politikus PDI Perjuangan, Zuhairi Misrawi mengatakan, tantangan kabinet pemerintahan Jokowi pada periode kedua nanti adalah soal semangat membumikan kembali ideologi Pancasila sebagai pemersatu bangsa.

"Ini menjadi concern PDIP bahwa jatuh bangunnya bangsa ini yaitu harus dilihat secara komprehensif bagaimana Pancasila dibumikan sehingga Tri Sakti Bung Karno betul-betul kokoh ketika Pancasila menjadi way of life bangsa ini," tutur Zuhairi dalam diskusi Polemik MNC Trijaya FM di Menteng, Jakarta, Sabtu (6/7/2019).

Untuk itu, kata Gus Mis sapaan akrabnya, ke depan cara berpikir menteri kabinet harus bersifat komprehensif. Sehingga kehidupan berbangsa, kedaulatan sosial, kedaulatan politik dan kepribadian bangsa betul-betul kokoh. "Ini menjadi tantangan yang harus kita jawab bersama-sama," kata lulusan Al Azhar, Kairo, Mesir ini.

Dalam hal solusi yang harus dilakukan olah anggota kabinet mendatang, lanjut Gus Mis, Nawa Cita periode kedua Jokowi-Ma'ruf menekankan kepada pengembangan sumber daya manusia sebagaimana visi misi yang disampaikan Jokowi-Ma'ruf.

"Bagaimanapun membangun Indonesia adalah membangun manusianya. Concern Jokowi bahwa kabinet yang akan datang adalah kabinet yang betul-betul membangun manusia indonesia yang mampu menjawab tantangan bangsa," tukasnya.
(cip)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9725 seconds (0.1#10.140)